Sudah tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi terus mengalami kemajuan dari zaman ke zaman. Oleh karena itu, setiap orang diharuskan untuk bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi itu sendiri. Dengan begitu, seseorang tidak akan tertinggal dengan perkembangan teknologi yang lebih ke arah modern.Â
Selain itu, perkembangan teknologi juga bisa memberikan kemudahan bagi setiap orang dalam menyelesaikan suatu hal atau pekerjaan. Bahkan, beberapa teknologi sudah ada yang bisa digunakan untuk membantu lebih dari satu pekerjaan. Terlebih lagi, sebagian besar perusahaan sangat bergantung dengan alat teknologi yang semakin canggih.Â
Teknologi yang terus mengalami perkembangan membuat kebiasaan seseorang akan terus berubah atau berkembang. Misalnya, kebiasaan seseorang dalam mengirim sebuah pesan yang di mana saat ini sudah berganti dengan chat. Dengan chat, seseorang sudah bisa mengetahui kabar dari seseorang yang ada jauh di sana hanya dengan satu perangkat alat elektronik, yaitu handphone.Â
Bukan hanya handphone saja yang merupakan salah satu bentuk dari perkembangan teknologi. Meskipun perkembangan teknologi lebih sering kita lihat pada alat elektronik, tetapi sebenarnya perkembangan teknologi bisa juga berupa perangkat lunak yang ada di perangkat elektronik itu sendiri. Dari sekian banyak perangkat lunak yang memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah Microsoft Excel.Â
Microsoft Excel
Microsoft Excel merupakan salah satu perangkat lunak yang bisa memudahkan penggunanya dalam mengolah data hingga berhitung yang di mana data-datanya lebih sering berbentuk angka. Oleh sebab itu, cara menghitung persen bisa dilakukan di Microsoft Excel. Microsoft Excel ini sering kita temukan di laptop dan komputer serta merupakan bersaudaraan dengan Microsoft Word.Â
Meskipun bersaudara dengan Microsoft Word, tetapi bentuk lembar kerja dari Microsoft Excel berbeda. Perbedaan itu terletak pada adanya baris dan kolom yang ada pada Microsoft Excel. Jadi, ketika menggunakan Microsoft Excel, kamu tidak perlu untuk membuat tabel terlebih dahulu.Â
Bukan hanya itu saja, dalam menggunakan Microsoft Excel, seorang pengguna harus menggunakan rumus karena dengan rumus, pekerjaan akan menjadi lebih mudah untuk diselesaikan. Selain itu, penggunaan rumus pada Microsoft Excel bisa juga menghasilkan olahan data yang mudah dibaca dan tidak salah.Â
Manfaat Microsoft Excel
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Microsoft Excel sering digunakan pada hal-hal yang berhubungan dengan angka. Oleh sebab itu, manfaat dari menggunakan Microsoft Excel identik dengan tugas yang ada angkanya.Â
1. Bermanfaat Untuk Membuat Daftar Kehadiran
Daftar kehadiran merupakan suatu hal yang perlu diisi agar mengetahui apakah pada hari itu, seseorang hadir atau tidak. Memang benar, dalam membuat daftar hadir lebih sering digunakan oleh perusahaan dalam mencatat kehadiran karyawan. Akan tetapi, seorang guru yang ingin menulis daftar hadir peserta didik bisa juga menggunakan Microsoft Excel. Dengan daftar hadir yang dibuat menggunakan Microsoft Excel, maka laporan kehadiran akan lebih mudah dipahami.