Mohon tunggu...
GRACIELA ANASTASIA
GRACIELA ANASTASIA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa jurusan manajemen

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Enterpreneurship dan Inovation

28 Maret 2022   14:11 Diperbarui: 28 Maret 2022   14:11 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Enterpreneurhip dan Inovation

Inovasi Kewirausahaan pada Masa Pandemi Covid 19 bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pikiran para kaum muda khususnya yang ada .Pandemi Covid 19 yang menimpa masyarakat kita pada saat ini berdampak pada sektor kehidupan masyarakat . Salah satunya adalah sektor ekonomi, melakukan sosialisasi serta mengubah mindset pola pikir anak muda agar bisa melakukan inovasi kewirausahaan yang selama ini belum dirintis akibat keterbatasan akses informasi mereka terhadap informasi usaha secara mandiri selama masa pendemi. Materi yang disampaikan terkait dengan inovasi kewirausahaan, strategi pemasaran , bentuk usaha mikro yang bisa dikembangkan pada masa pandemi serta memperlihatkan beberapa contoh produk yang bisa dikembangkan lebih lanjut dengan kemampuan dan keseriusan yang dimiliki. Hasil terkait dari inovasi kewirausahaan menumbuhkan keinginan yang sangat kuat dari anak muda sehingga mereka tergerak hatinya untuk merintis usaha secara dengan usaha mandiri dengan ketersediaan sumber daya yang dimiliki ,juga akan berlanjut pada kegiatan pendampingan dan pelatihan inovasi kewirausahaan untuk lebih menggali potensi diri yang dimiliki oleh anak muda . Antusiasme dan rasa ingin berusaha yang dimiliki setiap orang sangat kuat sehingga memberikan dampak positif terhadap keseriusan dalam menjalankan usaha secara mandiri.Kewirausahaan merupakan suatu proses yang dinamis untuk menciptakan nilai tambah atas barang, jasa serta kemakmuran. Mereka yang menjadi wirausaha merupakan orang-orang yang mengenal potensi dan belajar mengembangkannya untuk menangkap peluang serta mengorganisasi usaha. Kewirausahaan adalah kemampuan kreativitas dan inovatif, dengan peluang dan selalu terbuka untuk setiap masukan dan perubahan yang positif yang mampu membawa bisnis terus bertumbuh. Bisnis sebaiknya memiliki nilai dan bermanfaat. Hal ini bisa tercapai melalui kegiatan yang menerapkan konsep kewirausahaan. Salah satu manfaat berwirausaha adalah individu atau kelompok dapat menuangkan ide dan kreativitas dalam berbagai produk sehingga memperoleh hasil yang diinginkan.Visi Indonesia Maju yang mandiri, dan berkepribadian berlandas gotong royong melalui peningkatan kualitas manusia, struktur ekonomi yang produktif mandiri dan berdaya saing, dengan pembangunan yang merata dan berkeadilan, menjadikan pengembangan kewirausahaan menjadi semakin strategis dalam memastikan visi dan misi Indonesia Maju dapat diakselerasi capaiannya.

Dengan kondisi Pandemi yang masih berlangsung. Tetapi hidup harus terus berlanjut, kini yang penting bagi kebanyakan orang ialah 'berburu' peluang yang ada di sekitar mereka.Hidup di zaman sekarang berbicara tentang soal peluang. Apapun keadaannya, peluang itu ada. Di situasi apapun peluang itu selalu ada. Peluang barangkali bersifat bersembunyi dan hanya mungkin ditemukan ketika semua orang membuka pikiran dan mengutamakan keberaniannya.Lakukan hal yang paling mungkin dilakukan, walau hal itu bersifat kecil dan kelihatannya seperti tak berarti. Namun jika semua itu dikerjakan dengan penuh kesenangan, sepenuh hati, tahu- tahu malah menjadi 'sesuatu'.Jika orang orang mau membuka pikiran tentang peluang, sesungguhnya begitu banyak peluang. Ada atau tidak ada pariwisata, semua orang selalu menyediakan dirinya untuk 'digali' dan dibuka potensinya. Begitu juga dengan sumber daya manusianya. Tumbuh suburnya pariwisata justru karena kemampuan orang itu sendiri . Kata kunci bagi sumber daya manusia adalah kreativitas ,membuktikan kata kunci 'kreativitas' semakin mendekati kebenarannya. Kecanggihan orang dalam mengkreasi segala produk budaya dan gaya hidup mereka inilah yang menyuburkan pariwisata , serta juga faktor alam. Dengan demikian, orang sesungguhnya memiliki sejumlah 'kekuatan' bertahan hidup, dan lebih dari, juga mengembangkan dirinya ke puncak-puncak kebudayaannya. Kesadaran untuk mencoba hal-hal baru inilah yang membuat produk-produk budaya makin kaya akan berbagai bentuknya. Dari sini pula bermula 'kerajinan' orang meneruskan apa yang mereka buat, apa yang mereka dapatkan untuk diteruskan dari generasi ke generasi selanjutnya.

Dalam kemampuan entrepreneurship , dan inovasi berguna bagi perusahaan untuk bertahan hidup, berkelanjutan di tengah persaingan dan dinamika dunia bisnis yang bergerak semakin dinamis dewasa ini. Perusahaan untuk menang dalam persaingan saat ini, harus jeli dalam melihat peluang yang ada di pasar, harus pandai dalam mengeksploitasi peluang yang ada, harus selalu berinovasi. Inovasi, Entrepreneurship dan Strategic management masing masing mempunyai definisi yang berbeda .

Berdasarkan definisi dari UK Departemen of Industry and Trade, "innovation is the successful exploitation of new idea", sedangkan menurut Peter Drucker, 1985 -- "innovation is the specific tools of entrepreneurs, the means by which they exploit change as an opportunity for a different business or services" . Menurut Statistic Canada dalam buku Managing Innovation oleh Joe Tidd dan John Bessant menyatakan bahwa perusahaan yang berinovasi biasanya memiliki pertumbuhan lebih kuat dan sukses daripada yang tidak berinovasi, dan perusahaan yang memimpin dalam market share dan profibatibility adalah perusahaan yang berinovasi (Tidd and Besant, 2014). Menurut Hisrich dan Kearney dalam bukunya "Corporate Entrepreneurship", menekankan bahwa aktivitas corporate entrepreneurship membutuhkan adanya faktor kreativitas, inovasi dan berani mengambil resiko dalam perusahaan, sehingga perusahaan tersebut mampu meningkatkan performa, memperbaharui diri . Hisrich dan Kearney dalam buku "Corporate Entrepreneurship", menegaskan bahwa inovasi dan kreativitas merupakan elemen utama dalam "Corporate Entrepreneurship", kreativitas merupakan dasar, basis dari pengembangan konsep inovasi dalam bisnis, dan inovasi merupakan faktor utama dalam proses entrepreneurial sebuah perusahaan. Hubungan antara corporate entrepreneurship, inovasi dan kreatifitas dalam perusahaan terjadi melalui 3 tahapan, yaitu :tahap 1 : kreatifitas melalui ide,aktivitas, kemampuan, dan kepandaian, tahap 2 : invention melalui prototype dan model kerja, tahap 3 : inovasi melalui komersialisasi yang sukses dari invention.Inovasi dan kreatifitas merupakan fondasi utama dalam "Corporate Entrepreneurship"(Hisrich and Kearney, 2012).Terlihat bahwa inovasi dan entrepreneurship bukan merupakan 2 ilmu yang terpisah, namun merupakan 2 ilmu yang saling komplemen satu dengan yang lain. "Corporate Entrepreneurship" merupakan bentuk komplemen dari entrepreneurship dan inovasi dalam sebuah perusahaan

Pandemi dan Strategi Inovasi

Dunia sedang dilanda pandemi. Sangat sedikit negara yang bisa menghindari wabah Covid-19 ini. Sejak adanya wabah ini melanda Indonesia pada bulan Maret 2020 lalu, semua kehidupan berefek , bertumbangan satu demi satu. Indonesia terbilang parah karena sebagian besar kehidupannya bersandar pada orang yang merantau. Dan banyak orang yang tahu, bisnis adalah yang terbilang rentan karena bergantung pada situasi. Sedikit saja kondisi sosial mengandung rusuh, konflik, bencana, maka hal itu berimbas buruk .Sejak Maret 2020 jalan-jalan dan pusat perekonomian menjadi jauh lebih sunyi dari hari-hari biasanya. Covid-19 benar-benar melumpuhkan hampir semua kehidupan . Perekonomian rakyat juga sangat terimbas dengan wabah ini.Namun situasi yang relatif 'mencekam' ini justru menyulut sejumlah orang, Lembaga- lembaga swasta tergerak untuk membangun solidaritas sosial. Mereka membagikan makanan dan minuman, membagi sembako kepada mereka yang terimbas PHK maupun kepada mereka yang sejak semula berada pada kondisi ekonomi yang memprihatinkan. Usaha yang meski terbilang sederhana namun bagi yang lain merupakan suatu anugerah sementara untuk sekadar melanjutkan kehidupannya Pandemi memang menakutkan tetapi sekaligus juga tantangan. Di tengah ancaman pandemi, orang-orang harus bangkit agar tak terjadi dilema tinggal di rumah saja akhirnya kelaparan, keluar rumah terancam Covid-19. Era revolusi industri menjadikan pengembangan kewirausahaan UMKM sebagai salah satu yang perlu mendapatkan perhatian bersama, utamanya dalam memastikan pengembangan kebijakan yang kondusif dalam mendukung Indonesia Maju.Kewirausahaan UMKM dilakukan dengan cara membangun sinergitas dalam pemetaan potensi kewirausahaan, menciptakan iklim kewirausahaan, menumbuhkembangkan kewirausahaan. Pengertian kewirausahaan relatif berbeda-beda antar para ahli/sumber acuan sesuai dengan titik berat perhatian atau penekanannya. Kewirausahaan dapat dimaknai sebagai penciptaan organisasi baru (Gartner, 1988), menjalankan kombinasi (kegiatan) yang baru (Schumpeter, 1934), ekplorasi berbagai peluang (Kirzner, 1973), menghadapi ketidakpastian (Knight, 1921), dan mendapatkan secara bersama faktor-faktor produksi (Say, 1803).Makna (entrepreneur) adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan, berjiwa berani mengambil resiko artinya bermental mandiri dan berani memulai usaha, tanpa diliputi rasa takut atau cemas sekalipun dalam kondisi tidak pasti (Kasmir, 2007). Schumpeter mengatakan kunci utama perkembangan ekonomi adalah para inovator dan wiraswasta. Kemajuan ekonomi suatu masyarakat hanya bisa terwujud dengan adanya inovasi oleh para entrepreneur. Pembangunan ekonomi adalah kenaikan output yang disebabkan oleh inovasi yang dilakukan oleh para wiraswasta. Inovasi merupakan perbaikan teknologi dapat diartikan penemuan produk baru, pembukaan pasar baru yang bersumber dari kreativitas para wiraswasta untuk perbaikan kualitatif dari sistem ekonomi itu sendiri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun