Mohon tunggu...
Grace Maria
Grace Maria Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta

18 📍𝘠𝘰𝘨𝘺𝘢𝘬𝘢𝘳𝘵𝘢,𝘐𝘋𝘕 💃🏽 𝘓𝘢𝘵𝘪𝘯 𝘋𝘢𝘯𝘤𝘦𝘳 - 𝘕𝘢𝘵𝘪𝘰𝘯𝘢𝘭 𝘛𝘦𝘢𝘮🇮🇩 🛍@graceestylee

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategy Business: Apa POV Gen Z?

2 Maret 2024   23:00 Diperbarui: 25 Juni 2024   21:44 264
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi diambil saat Forum Bisnis 2024

Pada dasarnya Gen Z sama dengan Gen Milenial hanya saja Gen Z dapat melakukan sesuatu dengan luar biasa dan cepat. Pada masa Generasi Milenial agar dapat terkenal dibutuhkan sepak terjang karir yang baik, sedangkan Gen Z dapat menciptakan sesuatu yang tidak ada menjadi ada dalam semalam. Level emosi dan sosial Gen Z lebih rendah dibandingkan Generasi Milenial terutama yang berusia 15-20 tahun, hal ini mempengaruhi Gen Z juga sangat peduli terhadap isu-isu sosial tetapi diwaktu yang bersamaan kebanyakan dari mereka adalah seorang yang anti sosial.

Kesadaran akan lingkungan Gen Z juga sangat tinggi. Pada masa ini ada stigma yang mengatakan bahwa Gen Z adalah generasi yang gengsian tetapi pada kenyataannya sepertinya generasi tua lah yang gengsian hal ini terbukti pada fenomena thrifting yang digandrungi Gen Z tetapi untuk Generasi Milenial hal tersebut merupakan hal yang memalukan. Proses belajar Gen Z juga berbeda karena literasinya keuangan Gen Z lebih baik contohnya Generasi Milenial lebih banyak menabung sedangkan Gen Z lebih senang berinvestasi. Pola belajar Gen Z berbeda karena memperhatikan isu, pemutusan pembelian yang dilakukan Gen Z pun tidak berdasarkan iklan melainkan berdasarkan review suatu produk.

Gen Z pada dasarnya lebih menyukai produk buatan, sangat peduli pada produk dalam negeri. Gen Z juga lebih senang berbelanja ditoko tetapi membelinya melalui online karena lebih banyak promo yang ditawarkan. Saat menjadi karyawan Gen Z  kebanyakan kurang interaksi antar karyawan lainnya maupun dengan pelanggan. Dengan kombinasi dari keraguan dan kebiasaan diri, tiap generasi pasti punya pertimbangannya masing-masing dalam berbisnis, jadi yuk kita dukung inovatif dan peluang di setiap generasi.

KELOMPOK 1 - Forum Bisnis - Februari 25, 2024

• Aprilia Monika_230327390 • Diva Putri J.P_230327311 • Maria Gracetania F.S_230327361

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun