Etika Bisnis adalah prinsip etika yang diterapkan dengan munculnya masalah - masalah dalam bisnis. Etika penting untuk diterapkan di dalam segala kehidupan setiap orang terutama di dalam duni pekerjaan. sebagai karyawan dengan menerapkan etika di kantor dapat melatih diri untuk dapat bersikap lebih sopan dan baik. dengan menerapkan etika tersebut dapat membantu karier si karyawan tersebut dalam perusahaan tempat ia bekerja.
Adapun pengertian etika bisnis yang dapat kita ketahui bersama dari beberapa ahli yaitu :
- Menurut Bertens, etika bisnis lebih luas pada ketentuan yang diatur oleh undang - undang. dalam kegiatan bisnis sering terjadi ataus eringnya melihat langsung grey area yang tidak diatur oleh ketentuan hukum.
- Menurut Hill dan Jones, etika bisnis suatu ajaran untuk membedakan antara mana yang benar dan salah dalam memberi bekal kepada setiap pimpinan perusahaan pada saat mempertimbangkan suatu pengambila kepututsan strategis terkait dengan masalah moral yang kompleks
- Menurut Sim, etika terkait dengan sebuah kepemimpinan yang efektif dalam perusahaan.
Tujuan etika bisnis yaitu memberikan sebuah dorongan pada kesadaran moral dan memberi batasan pada para pengusaha untuk menjalankan bisnis secara jujur dan adil, serta menghindari bisnis penipuan yang dapat merugikan orang atau pihak yang bisa terikat dalam dunia pekerjaan.
Manfaat yang dapat diperoleh dari etika bisnis yaitu ketika proses bisnis sedang berjalan lancar sesuai dengan pedoman, otomatis akan menarik dan mendatangkan banyak profit kepada perusahaan , dan akan ada tmbulnya kepercayaan dan citra yang baik  dari pelanggan dan konsumen kepada perusahaan tersebut. Namun jika tidak dijalankan sesuai pedoman maka dapat terjadi juga tujuan - tujuan yang dibangun tidak berjalan lancar atau sulit untuk dicapai. dan hasilnya proses usaha tersebut bisa berantakan.
dalam etika bisnis tentunya ada prinsip yang harus dilakukan untuk mendukung pada proses usaha, seperti :
- Berintegritas
sebuah etika harus bisa mengedepankan integritas kepada perusahaan maupun pimpinannya. menghindari pelanggaran pada prinsip yang tidak memberi keuntungan dengan semestinya.
- Jujur
kejujuran dalam interaksi harus dijunjung tinggi untuk mendapatkan pelanggan. dengan cara memberikan informasi yang sesuai tentang perusahaan bukan memalsukan informasi yang tidak benar.
- Loyalitas
etika harus memberikan perlindungan pada rahasia perusahaan dari kepentingan pribadi. kita tidak bisa melakukan interaksi pada orang lain dengan memberitahukan tentang keburukan perusahaan yang dijalankan hanya untuk mendapatkan keuntungan yang dapat diraup.