Mohon tunggu...
Gracela Natasha Luas
Gracela Natasha Luas Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UKSW

blessed

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peran dan Fungsi Guru BK dalam Pembentukan dan Pengembangan Karakter Siswa di Lingkungan Sekolah

24 November 2021   21:30 Diperbarui: 24 November 2021   21:45 887
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Karakter merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia saat ini. Dimana karakter erat kaitannya dengan moral dan juga kepribadian individu. Karakter manusia sebenarnya telah hadir bersamaan saat manusia lahir di dunia. Namun selanjutnya, karakter ini dapat terus dibentuk dan berkembang dari berbagai input eksternal maupun juga internal dalam proses pengembangan karakter yang dilakukan. Dan dalam prosesnya, pembentukan karakter memiliki sasaran jangka panjang namun disisi lain terbebas dari tujuan spesifik lain selain upaya penyempurnaan karakter itu sendiri

Berkaitan dengan input dalam pembentukan dan pengembangan karakter ini, aspek eksternal adalah hal yang paling berpengaruh. Pasalnya, internal sebuah individu sendiri dapat terpicu karena adanya rangsangan eksternal terlebih dahulu. Termasuk dalam upaya pembentukan dan pengembangan karakter. Maka dari itu, faktor eksternal seperti lingkungan dan juga pengaruh orang lain seringkali disebut sebagai pembentuk utama dari karakter seseorang. 

Hal ini lah yang menjadi dasar mengapa saat ini di setiap sekolah, pendidikan karakter adalah hal yang digerakkan dengan giat melalui berbagai cara. Pendidikan karakter di lingkungan sekolah adalah salah satu upaya dalam membentuk dan mengembangkan karakter yang dimiliki oleh siswa, yang penerapannya dilakukan sedini mungkin mulai dari usia sekolah. Sehingga dalam upaya ini, lingkungan sekolah dan juga pihak-pihak yang terlibat didalam lingkungan ini adalah input utama yang menentukan arah pembentukan dan pengembangan karakter, termasuk guru BK. 

Guru secara umum merupakan sebuah istilah yang tidak hanya sebatas menggambarkan tenaga pendidik  yang bertugas untuk memberikan ilmu saja. Namun guru secara lebih luas merupakan istilah yang menggambarkan tanggung jawab lain tenaga pendidik yang meliputi fungsi sebagai pendamping, fasilitator, evaluator, asesor, mentor, pengembang, dan lain sebagainya. 

Dan guru BK secara khusus juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai pembimbing dan konselor mengenai berbagai permasalahan siswa baik dalam lingkup akademik maupun non akademik. Dan berkaitan dengan proses pembentukan dan pengembangan karakter pada siswa, guru BK juga dapat memiliki beberapa fungsi serta peran berkelanjutan yang mempengaruhi proses ini sendiri bagi karakter siswa.

Ikut Mengambil Peran Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter secara khusus merupakan salah satu langkah pendidikan yang bertujuan untuk memperbaiki moral dan karakter siswa yang dapat dilakukan dengan berbagai cara yang sistematis misalnya dengan mengembangkan jasmani dan rohani peserta didik untuk membentuk sebuah kepribadian yang utuh. Terlebih lagi, karakter dan kepribadian merupakan ciri pribadi yang relatif stabil pada diri individu dan hal tersebut menjadi standar perilaku dasar dan nilai norma yang tinggi.

Guru BK dapat turut mengambil peran dalam upaya pendidikan karakter yang dilakukan di sekolah. Pendidikan karakter di tingkat sekolah di Indonesia saat ini kebanyakan masih terintegrasi dengan pendidikan lainnya dalam bentuk mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ataupun Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila. Dimana pendidikan karakter yang ditekankan adalah berguna untuk kehidupan sosial dan bermasyarakat siswa. Yang dalam hal ini berarti penyelenggaraan pendidikan karakter yang terintegrasi ini hanya memiliki arah ke luar. Untuk itu, disini guru BK berperan dalam melakukan pendidikan karakter dengan cara lain yang berbeda dengan pendidikan karakter biasanya.

Fungsi Bimbingan Personal Dalam Menguatkan Karakter Siswa

Sebagai salah satu upaya untuk menguatkan pendidikan karakter siswa dari dalam yang juga bertujuan untuk lebih membuat siswa memiliki kesadaran akan karakternya sendiri, maka guru BK juga dapat dilibatkan. Dalam scenario ini, guru BK dapat berperan untuk mengerahkan upaya pendidikan karakter yang sedemkian rupa. Dimana pendidikan karakter dalam arah ini memerlukan peran dan pemahaman individu dari siswa untuk memahami karakter mereka sendiri. 

Dalam kata lain, upaya pelaksanaan pendidikan karakter tersebut tidak dapat dilakukan dengan cara penyampaian informasi saja seperti pendidikan karakter konvensional, tetapi lebih memerlukan diskusi personal antara guru BK dan juga siswanya guna menerapkan cara pendidikan yang diinginkan. Dan bentuk diskusi personal ini menerapkan pola yang sama dengan fungsi bimbingan dan konseling secara personal yang dapat diberikan oleh Guru BK.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun