Mohon tunggu...
Grace Paramitha
Grace Paramitha Mohon Tunggu... Lainnya - Communication Student

Selamat membaca! Semoga bermanfaat!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Rahasia di Balik Kesuksesan "Dua Garis Biru"

25 November 2020   11:44 Diperbarui: 25 November 2020   20:19 465
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.suara.com/

Dua Garis Biru merupakan film produksi Starvision Plus yang tayang pada 11 Juli 2019. Film ini disutradarai oleh Gina S. Noer. Dua tokoh utama dalam film ini yakni Bima diperankan oleh Angga Aldi Yunanda dan Dara diperankan oleh Adhisty Zara.

Film ini juga turut menggaet aktor dan aktris papan atas Indonesia seperti Lulu Tobing, Cut Mini Theo, Dwi Sasono, Arswendi Nasution dan Rachel Amanda.

Pada penayangan perdananya, film Dua Garis Biru ditonton oleh 178.010 orang. Jumlah penonton film ini terus meningkat, bahkan dalam enam hari penayangan, film ini sudah berhasil meraup 1.085.587 orang penonton.

Hingga akhir penayangannya, film Dua Garis Biru berhasil meraih jumlah penonton sebanyak 2.538.473 dan menjadikannya film Indonesia kedua dengan jumlah penonton terbanyak di 2019. Film Dua Garis Biru juga berhasil menjadi film Indonesia keenam yang masuk daftar box office pada tahun 2019.

https://gempak.com/
https://gempak.com/
Memiliki jalan cerita yang apik sekaligus mengandung makna yang dalam, tak mengherankan jika film Dua Garis Biru meraih popularitas yang tinggi di Indonesia. Setelah sukses di Indonesia, film bergenre drama remaja ini juga tayang di Malaysia pada 3 Oktober 2019.

Selain itu, promosi yang dilakukan oleh tim film Dua Garis Biru sangat memengaruhi kesuksesan film ini. Cara promosi film serta cara menontonnya berkaitan dengan teori spasialisasi. Menurut Mosco (1996), spasialisasi adalah the process of overcoming the constraints of space and time in social life.

Spasialisasi merupakan proses penyebaran produk yang dilakukan media kepada audiens. Adanya teknologi komunikasi menyebabkan audiens sebagai penerima produk tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu.

Terdapat beberapa contoh penerapan spasialisasi yang dilakukan oleh tim film Dua Garis Biru.

Kegiatan promosi yang dilakukan oleh tim film Dua Garis Biru dapat dilihat melalui akun Instagram resmi mereka yaitu duagarisbirufilm. 

Sebelum penayangannya secara resmi di bioskop-bioskop Indonesia, tim beserta para pemain film Dua Garis Biru terlebih dahulu melakukan konferensi pers.

Konferensi pers tersebut dihadiri oleh berbagai media di Indonesia dan bertujuan untuk memperkenalkan film Dua Garis Biru kepada audiens.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun