Tim PKM RSH FEB UB Melakukan Penelitian Pengaruh Influencer dan Product Review Pada TikTok Live Terhadap Purchase Intention Barang Secara Online
Penulis: Izzah Nabila dan Anggelina Amelia Vega
Tanggal: 29/09/2023
Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang beranggotakan I Nyoman Dwitya Adhyatma Nugraha, Anggelina Amelia Vega, Izzah Nabila, Rizqi Catur Risnandi, dan Haidar Marsya Habibi dibawah bimbingan Bapak Dr. Syaiful Iqbal, Ak, CA, CPMA melakukan penelitian dengan judul "GO VIRAL THEN BUY: Analisis Pengaruh Influencer dan Product Review pada TikTok Live Terhadap Purchase Intention Barang Secara Online”. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh signifikan dari influencer dan product review terhadap minat pembelian (purchase intention) konsumen secara online pada TikTok Live. Penelitian ini sebagai bentuk realisasi dari kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti.
Aplikasi TikTok merupakan salah satu aplikasi yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Penggunaan TikTok memiliki berbagai macam fitur, baik sebagai social media serta marketplace. Hal ini didukung pula dengan laporan lembaga riset Data.ai berjudul “State of Mobile 2023” yang menyatakan bahwa sepanjang tahun 2022 TikTok menjadi salah satu platform digital yang dapat meningkatkan minat konsumen dalam melakukan pembelian produk. Fitur TikTok Live menjadi salah satu media promosi bisnis dengan kegiatan product review yang dilakukan untuk memberikan informasi terkait terkait barang yang dijual kepada konsumen. Dalam hal ini, product review dilakukan untuk dapat menarik konsumen agar melakukan pembelian terhadap barang. Namun, muncul permasalahan yang dialami oleh konsumen mengenai kualitas barang yang tidak sesuai dengan informasi yang dipaparkan pada product review. Oleh karena itu, diperlukan informasi yang akurat terkait produk yang akan dibeli. Informasi tersebut berkaitan dengan salah satu faktor yang digunakan sebagai penentu oleh konsumen dalam mengambil keputusan pembelian yaitu faktor kredibilitas. Dari sinilah, muncul strategi influencer marketing dengan peran influencer sebagai seseorang yang dianggap kredibel dalam memberikan informasi.
Melalui TikTok Live influencer akan membantu konsumen dalam memutuskan pembelian barang. Maka dari itu, seorang influencer harus dapat mengetahui langkah-langkah efektif untuk dapat memberikan informasi yang sesuai mengenai barang. Fitur TikTok Live dapat menjangkau konsumen dengan melakukan interaksi secara langsung saat live streaming dilakukan (electronic word of mouth). Dari hasil penelitian yang dilakukan tim kami, menghasilkan bahwa influencer dan product review memiliki pengaruh signifikan terhadap purchase intention barang secara online. Selain itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa TikTok Live merupakan salah satu media yang membantu para penjual dalam meningkatkan penjualan. Dalam proses penelitian hingga penyusunan laporan kelompok kami secara konsisten melakukan pertemuan untuk dapat mendiskusikan progress, next to do, dan kendala (lihat Gambar 1.). Hasil luaran yang terdiri dari laporan kemajuan, laporan akhir, artikel ilmiah, dan media sosial membuat kami menentukan struktur dari pembagian tugas masing-masing. Susunan pembagian tugas dalam tim adalah sebagai berikut: Rizqi Catur Risnandi selaku Koordinator Penelitian melakukan mentoring selama pra penelitian dan pasca penelitian, Anggelina Amelia Vega selaku Koordinator Administratif melakukan pengecekan timeline serta pengecekan syarat dan ketentuan pada setiap luaran, Haidar Marsya Habibi selaku Koordinator Dokumentasi melakukan tugas pengeditan serta penyusunan konten dalam media sosial, Izza Nabila selaku Koordinator Keuangan menyusun pengeluaran serta pelaporan keuangan, dan I Nyoman Dwitya Adhyatma Nugraha selaku ketua ikut serta melakukan penyusunan logbook kegiataan dalam penyertaan pada laporan kemajuan.
Secara masif kami juga melakukan kegiatan sosialisasi baik melalui media sosial dengan memposting poster “Calling for Responden”. Selain itu, kami juga secara langsung melakukan sosialisasi kepada teman-teman mahasiswa/i mengenai kegiatan penelitian yang kami sedang kami laksanakan. Hasilnya kami dapat mencapai target responden sejumlah 216 orang dengan didominasi oleh usia 19-25 tahun. Kemudian, kami tekah melakukan pengelolaan dan analisis data berdasarkan data yang sudah terkumpul pada google formulir.
Pada kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa, Universitas Brawijaya menyediakan layanan konsultasi bersama dosen pembimbing untuk meninjau secara berkala progress yang telah dilakukan oleh tim kami setiap minggunya. Melalui pemantauan dan konsultasi yang dilakukan, tim kami dapat mencapai target kegiatan di setiap minggunya untuk menyelesaikan hal-hal yang berkaitan dengan administratif laporan. Selain itu, Universitas Brawijaya membantu kegiatan pasca penelitian dalam mempublikasi berita acara sampai pemberian HAKI kepada tim PKM yang memiliki luaran dalam bentuk karya ilmiah. Berikut kami sertakan berita acara yang telah terbit pada tanggal 08 Oktober 2023 pada Prasetya UB
Tak lupa pula kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki kami sebagai mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajari dalam perkuliahan kepada masyarakat luas. Selain itu, kami ucapkan pula terima kasih kepada seluruh Bapak/Ibu dosen Universitas Brawijaya yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam proses pra penelitian dan pasca penelitian kami. Demikian, berita acara yang dapat kami paparkan dalam pemenuhan hasil luaran akhir Program Kreativitas Mahasiswa Riset Sosial Humaniora perwakilan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Kiranya berita acara ini dapat memotivasi teman-teman mahasiswa lain untuk dapat berpartispasi pada tahun selanjutnya pada kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa. Dalam hasil penelitian kami masih ada kekurangan yang dapat dikaji kembali oleh peneliti selanjutnya. Kiranya peneliti selanjutnya dapat mengembangkan variabel lain yang mempengaruhi purchase intention ataupun dapat melakukan penelitian pada marketplace yang lainnya. Selain itu, harapannya penelitian yang telah kami lakukan dapat menjadi bahan acuan dalam pengembangan kasus atau kajian yang berhubungan, sehingga dapat menjadi tambahan wawasan dan ilmu yang baru bagi masyarakat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H