Mohon tunggu...
gorbysaputra
gorbysaputra Mohon Tunggu... Full Time Blogger - blogger

saya adalah orang yang terus belajar menjadi manusia serta berupaya bijak terhadap sendi-sendi kehidupan.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Mengapa Marketplace Bisa Mendominasi Rank Google? Menguak Strategi SEO dan Keunggulan Marketplace

31 Januari 2024   12:47 Diperbarui: 31 Januari 2024   12:51 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Kembali lagi menulis di kompasiana.com, kali ini saya memohon izin kepada para pembaca, sekaligus para master, suhu, pakar, yang memang sudah malang-melintang di dunia Marketplace, Terlebih sangat paham bagaimana bersaing dalam menjual produknya di era digital yang semakin berkembang pesat, saya sangat berterima kasih sekali kepada kompasiana.com yang masing bersedia menerima tulisan saya, dan memang saya ambil dari website saya.

Sesuai dengan judulnya "Mengapa Marketplace Bisa mendominasi Rank Google? Menguak Strategi SEO dan keunggulan Marketplace", izin kepada para pembaca dalam hal ini bisa mampir ke website saya dengan klik saja judul yang sudah berwarna biru. 

Garis besarnya ada beberapa hal yang memang bagi para pelaku usaha di era digital seperti sekarang, sebisa mungkin pahami diantarinya ;
1. tetapkan tujuan kamu terlebih dahulu untuk berjualan di platform digital apa?
2. sadari keinginan pembeli jika point satu sudah kamu tetapkan, seperti riset kata kunci yang memang akan banyak persaingan dengan produk yang kamu jual, bisa dengan search di google langsung, bisa dengan tools yang biasa di gunakan oleh para pakar SEO,SEM.
3. Juga harus di mengerti, di pahami bahwasanya google sekarang sudah menerapkan SEO Lokal serta server lokal, Maksudnya?
Pernah kah kamu berpikir jika download salah satu aplikasi di playstore atau appstore meminta izin akses beberapa hal di perangkat ponsel atau gadget kamu? seperti izin akses Photo, kontak, lokasi? itu semua bukan semata kamu sedang di awasi,jangan di salah pahami atau salah artikan terlebih dahulu, melainkan adalah sekali lagi saya katakan google sudah menerapkan SEO Lokal beserta server lokalnya, dalam arti besarnya "Near Me" (yang terdekat).

Nah ini juga ada keterkaitannya dengan jika kamu lagi cari sesuatu semisal produk kah? tempat kuliner kah? namun kalau kamu ketik kata/kalimat "Terdekat", dari situ google akan mengarahkan lokasi terdekat, muncul semua kan di layar ponsel atau gadget kamu toh?.
gimana sudah cukup bisa dipahami?

Yang terakhir biar gak terlalu panjang dan lebar "kamu jangan berhenti belajar cara optimasi jualan produk kamu di platform digital, mau itu ikut kursus, cari-cari referensi, atau cari channel YouTube, juga di iringi dengan Doa".

Cukup Sekian dari saya jangan lupa mohon izin mampir ke website saya karena juga ada loh perihal  
"Sukses Berjualan Online: Panduan Digital Marketing yang Praktis di Era Platform Digital".

Terima Kasih sekali lagi kepada Kompasiana.com, yang masih mau menerima tulisan saya
dan juga para pembaca yang sudah mau menyempatkan waktunya untuk membaca tulisan saya

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun