Mohon tunggu...
golan R
golan R Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Golan Ramadhan "saya meyakini suatu hari nanati hidup saya akan lebih baik,saya tidak pernah meminta mati untuk bisa tenang"

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan

20 Juni 2024   13:41 Diperbarui: 24 Juni 2024   20:23 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kepuasan konsumen adalah perasaan senang yang timbul di dalam diri seseorang setelah ia membandingkan kinerja yang dipersepsikan terhadap produk atau hasil (jasa) yang dirasakan saat mengonsumsi produk atau layanan dengan harapan mereka sebelumnya, sehingga kepuasan konsmen menjadi faktor utama yang berperan penting, ketika kinerja produk atau layanan melebihi harapan konsumen.

Kepuasan mencerminkan penilaian seseorang tentang ekspektasi atas kinerja produk. Jika kinerja produk gagal memenuhi harapan konsumen, maka ia akan merasa tidak puas. Namun, jika kinerja produk sesuai dengan harapan, konsumen akan merasa puas

Perbedaan persepsi atas keinginan dan kebutuhan pada masing-masing konsumen akan membuat perbedaan kepuasan konsumen. Saat ini, fakta menunjukkan bahwa biaya untuk menarik seorang pelanggan baru lebih mahal daripada mempertahankan seorang pelanggan dengan memuaskan mereka

Pentingnya kualitas produk sebagai faktor penentu kepuasan pelanggan telah menjadi fokus penelitian di berbagai industri. Dalam konteks tahu cipatat, kualitas teknis seperti rasa, tekstur, dan presentasi menjadi elemen-elemen sentral. Studi-studi sebelumnya mengidentifikasi bahwa kepuasan pelanggan sangat terkait dengan persepsi mereka terhadap kualitas produk yang mereka konsumsi. Pemahaman mendalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi persepsi kualitas produk akan membantu membentuk dasar untuk peningkatan produk yang lebih efektif.

Harga  mempunyai  peranan  penting  dalam proses  pengambilan  keputusan  yaitu  peranan  alokasi  dari  harga  adalah  membantu  para  pembeli  untuk memperoleh  produk atau  jasa  dengan  manfaat  terbaik  berdasarkan  kekuatan  daya  belinya.  Berdasarkan informasi-informasi  tersebut,  dapat  dipahami  bahwa  harga  adalah  sejumlah  uang  yang  dibutuhkan  untuk mendapatkan pernyataan nilai dari suatu produk atau jasa sesuai dengan kualitas dan manfaat yang diberikan dengan dipengaruhi oleh faktor-faktor psikologis dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi harga itu sendiri.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun