Mohon tunggu...
Nazwa Nafisa Rabsani
Nazwa Nafisa Rabsani Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Nazwa Nafisa Rabsani

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Proses Selama Mengikuti Gladi Hominisasi

24 Maret 2022   18:34 Diperbarui: 24 Maret 2022   18:34 165
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tangkapan layar. (Dok. Pribadi)

Saya melakukan pendaftaran hominisasi pada tanggal 4 Maret 2022, akan tetapi saya melakukan gladi Homonisasi pada tanggal 21 Maret kemari, setelah mendaftar pada tanggal 4 Maret, lalu saya mendapatkan email masuk langsung dari pp1homonisasi.lph,pada saat itu juga saya diminta untuk mengerjakan tugas Pra Gladi Hominisasi yaitu menyimak lagu kebangsaan "Indonesia Raya"  3 stanza melalui link yang berada di youtube, lalu setelah itu diberikan pertanyaan yang berada di google form salah satu contoh soalnya adalah, menurut anda mana bagian syair yang menarik bagimu? Mengapa? Jelaskan dalam minimal 40 kata. Tugas tersebut memiliki tenggat waktu yaitu paling lambat hari Kamis, tanggal 17 Maret 2022 pukul 17.00. Lalu pada tanggal 18 Maret yaitu 1 hari sebelum gladi homonisasi saya menerima e mail masuk disana tertera link zoom dari gladi hominisasi dan daftar kelompok untuk diskusi breakoutrooms.

Pada saat hari H, hal yang pertama dilakukan adalah berdoa, lalu dilanjutkan dengan pemutaran lagu Indonesia Raya dan Hymne Unpar. Lalu setelah itu diberikan sebuah video yang memiliki maksud dan tujuan diadakannya gladi tersebut. Setelah itu kita diminta untuk mengikuti sebuah kuis. Setelah selesai mengikuti kuis mahasiswa diberikan penjelasan tentang berdinamika secara kelompok sesuai dengan kelompok yang sudah diberi tahu melalui email. Setelah itu saya memasuki breakoutroom, lalu disana diberi tantangan untuk mempersentasikan setiap tema yang sudah diberikan, Setiap grup memliki tema yang berbeda beda lalu memprenstasikan kelompok, lalu partisisipan melakukan vote jika menurut partisipan kelompok tersebut menarik, kelompok yang menang tersebut mendapatkan sertifikat Best Presenter. Sampai pada saat sesi penutup fasiliator menyampaikan review kegiatan gladi hari ini dari awal samapai akhir. Dan yang terakhir acara ditutup dengan doa bersama.

Refleksi pengalama setelah mengikuti gladi hominisasi cukup banyak. Gladi Hominisasi mengajarkan saya untuk disiplin, berpikir kritis, dan percaya diri. Menurut saya setelah mengikuti gladi Hominisasi kita perlu menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara karena saat saya mengikti gladi tersebut hal yang sangat dibutuhkan disana adalah berkomunikasi, komunikasi yang baik berperan penting untuk keberhasilan sebuah kelompok, lalu dengan menggunakan logika kita dapat menandaai tingkat berpikir, membuat pola pikir menjadi lebih tajam dan berkembang.

Setelah mengikuti gladi Hominisasi manfaat yang saya dapatkan sangatlah banyak yaitu, saya belajar untuk bertanggung jawab, dapat berkenalan dengan teman baru, melatih berkomunikasi, meningkatkan kemmpuan untuk bekerja sama, belajar mendapatkan pendapat

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun