Pandemi Covid-19 yang telah menyebar dengan cepat telah membuat kekacauan diseluruh dunia yang berdampak pada bidang ekonomi, pariwisata, dan pendidikan. Semakin bertambahnya jumlah kasus virus corona ini, membuat Pemerintah mengeluarkan kebijakan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar, Work From Home, serta penutupan sementara untuk fasilitas-fasilitas umum seperti mall, taman bermain umum, sekolah-sekolah hingga perguruan tinggi hingga waktu yang belum ditentukan.Â
Akibat kebijakan Pemerintah, Universitas Pendidikan Indonesia menutup sementara dan mengganti kegiatan pembelajaran secara daring atau onine. Tak terkecuali, kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) sebagai mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia yang berjenjang S1, harus tetap berjalan sesuai ketentuan dari pihak Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).
Pihak LPPM UPI merumuskan dengan nama KKN Tematik Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Mengajar pada Masa Pandemi Covid-19 (KKN Tematik MDBPE -- MKBK Pada Masa Pandemi Covid-19). Dengan tema :
- Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan
- Membangun Desa melalui Peningkatan Ekonomi Masyarakat
- Rekognisi Program MBKM dan Puspresnas Kemdikbudristek
KKN Tematik MDBPE -- MKBK Pada Masa Pandemi Covid -- 19 merupakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Mengajar pada Masa Pandemi COVID-19 dengan tujuan untuk memberikan pengalaman belajar di masyarakat bagi Mahasiswa sekaligus sebagai sarana pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.
Program dan Kegiatan Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan
- Penguatan pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran di PAUD/TK SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK. (pilih salah satu minimal 2 guru)
- Pendampingan pembelajaran daring siswa untuk semua mata pelajaran di TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK (Minimal 10 orang siswa pada jenjang pendidikan yang sama)
- Pendampingan orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran di TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK ( Minimal 10 Orang tua)
- Mendesain, membuat, melengkapi  dan menggunakan media pembelajaran daring untuk sasaran program dan jenjang pendidikan yang telah ditentukan.
- Membantu administrasi sekolah secara daring untuk sasaran program dan jenjang pendidikan yang telah ditentukan.
- Membuat video edukasi program penanggulangan dampak Covid-19 di  bidang pendidikan untuk dipublikasikan ke Youtube KKN UPI
- Membuat artikel untuk berita (misal: berita.upi.edu) atau  artikel untuk jurnal.
- Menyusun dan menghasilkan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) antara Desa/Kelompok Masyarakat/Sekolah dengan LPPM UPI
- Membuat artikel tentang pelaksanaan dan hasil  program unggulan Kuliah Kerja Nyata
Program dan Kegiatan Membangun Desa melalui Peningkatan Ekonomi Masyarakat
- Melakukan pendataan dan pendampingan UMK (Profil UMK, Manajemen usaha, Pemasaran, SDM UMKM, Proses Produksi, Keuangan, Legalitas, Pengembangan Produk)
- Merintis Usaha Mikro dan Kecil berbasis potensi lokal secara daring.
- Melakukan pendampingan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di lingkungan Desa sasaran secara daring.
- Melakukan pendataan untuk bahan Program Wira Desa sebagai tindak lanjut hasil KKN (format terlampir).
- Pemberian dan penguatan keterampilan fungsional bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 (PHK) sesuai dengan keahlian dasar yang dimiliki secara daring.
- Penguatan dan pendampingan dalam inovasi produk, peningkatan mutu dan pemasaran serta manajemen usaha berbasis IT bagi pengusaha kecil/kaki lima/tidak memiliki usaha yang terdampak Covid-19 secara daring.
- Membuat video edukasi program penanggulangan dampak Covid-19 di  bidang ekonomi untuk dipublikasikan ke Youtube KKN UPI
- Membuat artikel untuk berita (misal: berita.upi.edu) atau  artikel untuk jurnal.
- Menyusun dan menghasilkan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) antara UMKM/BUMDes/kepala desa dengan LPPM UPI
- Membuat artikel tentang pelaksanaan dan hasil  program unggulan Kuliah Kerja Nyata
Program dan Kegiatan Rekognisi Program MBKM dan Puspresnas Kemdikbudristek
- Mengikuti salah satu program MBKM dan Puspresnas Kemdikbudristek dengan penuh tanggung jawab
- Membuat laporan kegiatan program MBKM dan Puspresnas Kemdikbudristek yang diikuti.
- Membuat video program MBKM dan Puspresnas Kemdikbudristek yang diikutinya dengan menghubungkannya MBKM dan Pusdengan tema KKN, untuk kemudian dipublikasikan ke Youtube KKN UPI
- Membuat artikel untuk berita (misal: berita.upi.edu) atau  artikel untuk jurnal terkait program presnas Kemdikbudristek dan mengkaitkannya dengan kegiatan KKN Tematik Rekognisi Program MBKM dan Puspresnas Kemdikbudristek.
- Menyusun dan menghasilkan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) dengan template dan ketentuan yang ada pada pedoman.
- Membuat artikel tentang pelaksanaan dan hasil program MBKM dan Puspresnas Kemdikbudristek sebagai program unggulan Kuliah Kerja Nyata Tematik Kuliah Kerja Nyata Tematik Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi
Gita Garnapuspita, mahasiswa program studi Pendidikan Pendidikan Tata Boga, Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan UPI adalah salah satu peserta KKN Tematik MDBPE -- MKBK Pada Masa Pandemi Covid-19 dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Dr. Andika Duta Bahari, S.Pd., M.Hum. KKN dilaksanakan di SDN Darangdan yang berada di Lingkungan Darangdan, Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.
Gita melaksanakan kegiatan KKN ini selama kurang lebih 30 hari, mulai 1sampai dengan 30 Juli 2021 dengan rata-rata 4 jam per hari sehingga totalnya kurang lebih 120 jam. KKN ini dilaksanakan secara daring sehingga memerlukan mitra-mitra yang membantu melancarkan kegiatan KKN ini yaitu Pak Maman Suparman selaku Ketua RW 08, Pak Nana selaku ketua RT 02, serta Guru, Siswa, dan Orangtua Siswa SDN Darangdan. Â
Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan yaitu penguatan pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran, pendampingan pembelajaran daring siswa untuk semua mata pelajaran, pendampingan orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran, mendesain, membuat, melengkapi  dan menggunakan media pembelajaran daring untuk sasaran program dan jenjang pendidikan yang telah ditentukan, membantu administrasi sekolah secara daring untuk sasaran program dan jenjang pendidikan yang telah ditentukan , membuat video edukasi program penanggulangan dampak Covid-19, membuat artikel untuk berita atau artikel untuk jurnal, menyusun dan menghasilkan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) antara Desa/Kelompok Masyarakat/Sekolah dengan LPPM UPI dan membuat artikel tentang pelaksanaan dan hasil  program unggulan Kuliah Kerja Nyata
Untuk kegiatan tambahannya membuat yaitu edukasi pencegahan Covid-19 bagi masyarakat secara daring, dengan kegiatan pembuatan media edukasi daring berupa gambar dan video yang disebarkan melalui media sosial yaitu Instagram @garnapuspita