Covid-19 memang mendorong kita mau-ngga-mau harus beradaptasi dengan namanya teknologi.
Situasi Covid-19 Indonesia saat ini memang lagi darurat. Tanpa perlu saya jelaskan dan sebutkan secara data di lapangan, pasti kalian sudah memahaminya sendiri lewat media sosial maupun media massa.
Beragam kebijakan dilakukan oleh pemerintah untuk menekan virus ini, mulai dari kebijakan "P" (PSBB, PPKM Mikro, PPKM Darurat, dsb), program vaksinasi sampai baru-baru ini salah satunya adalah menggratiskan layanan telemedicine.
Secara definisi, telemedicine adalah layanan kesehatan berbasis teknologi. Singkatnya, kalian tidak perlu repot-repot datang ke klinik atau rumah sakit untuk berkonsultasi maupun membeli obat, kecuali pemeriksaan yang membutuhkan alat medis.
Cukup lenggah (baca: duduk)Â di rumah dan pegang smartphone, kalian bisa minta saran, menyampaikan keluhan hingga minta rekomendasi obat dan membelinya ada dalam satu platform.
Ada 11 platform yang bermitra dengan Kemenkes dalam kebijakan ini, antara lain:Â
- Alodokter
- GetWell
- Good Doctor
- Halodoc
- KlikDokter
- KlinikGo
- Link Sehat
- Milvik Dokter
- ProSehat
- SehatQ
- YesDok
Semua platform ini bisa kalian download secara gratis di smartphone kalian masing-masing ya! Namun, sebelum kalian memutuskan untuk menggunakannya, inilah hal-hal yang wajib kalian ketahui.
1. Pendaftarannya Mudah
Pendaftaran platform ini untuk konsultasi sebenarnya mudah kok. Sama seperti media sosial lainnya, kalian hanya perlu klik "daftar"atau "Sign-up"Â dan pilih via gmail atau Facebook atau akun apapun sesuai dengan ketentuan platform.
Pendaftarannya sama seperti media sosial pada umumnya kok. Kalian juga bisa mengisi identitas lainnya