Edukasi Computational Thinking Berbasis Game di SMP Islam Nurul Jannah, Desa Crewek, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan.
Revolusi 4.0 merupakan transformasi yang menyelimuti seluruh aspek melalui peleburan teknologi digital. Sebagai salah satu contoh yaitu di bidang pendidikan. Bidang pendidikan memiliki keterkaitan yang erat dengan revolusi 4.0 yang dapat digunakan untuk mendukung model pembelajaran dan berpikir serta mengembangkan inovasi dan kreativitas siswa untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang unggul dan mampu bersaing. Oleh karena itu, kelompok 356 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan kegiatanKegiatan edukasi dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2022 di Lab Komputer SMP Islam Nurul Jannah. Kegiatan tersebut diikuti oleh siswa/i kelas 9 di SMP Islam Nurul Jannah. Dalam kegiatan ini, peserta mempelajari dasar dari computational thinking melalui praktik langsung menggunakan Game Minecraft Hour of Code. Game tersebut terdiri dari 14 tingkat yang harus diselesaikan, dimana setiap tingkatnya memiliki sejumlah masalah yang harus dipecahkan sesuai dengan kaidah dari computational thinking.
Dalam menyelesaikan masalah dalam game Minecraft Hour of Code, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. "Pembagian kelompok ini kami buat dengan pertimbangan bahwa teman-teman siswa di SMP Islam Nurul Jannah ini memiliki kemampuan terbatas dalam mengoperasikan komputer. Selain itu, kami juga ingin anak-anak aktif berdiskusi menyelesaikan setiap permasalahan di dalam game." ungkap Talha, penanggung jawab program kerja Edukasi Computational Thinking Berbasis Game di SMP Islam Nurul Jannah, Desa Crewek, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan kelompok 356 KKN UNS.
Linawati, selaku perwakilan guru SMP Islam Nurul Jannah, menyambut positif kegiatan Edukasi Computational Thinking ini. "Alhamdulillah anak-anak merasa senang dengan kegiatan yang dilaksanakan teman-teman KKN," ujarnya. Harapannya, dengan terlaksananya kegiatan ini, siswa/i SMP Islam Nurul Jannah dapat mengenal Computational Thinking serta mengaplikasikannya dalam mengembangkan inovasi dan kreativitas siswa, untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang unggul dan mampu bersaing dalam era Revolusi 4.0.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H