Mohon tunggu...
Gina Dwi Septiani
Gina Dwi Septiani Mohon Tunggu... Guru - Guru

Tulisan ini sebagai jejak dan kenangan bahwa aku pernah ada di dunia yang fana ini.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Moderator Perdana di KBMN 28

17 Maret 2023   19:31 Diperbarui: 17 Maret 2023   19:32 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebenarnya dari kemarin ingin membagikan pengalaman perdana menjadi moderator di Kelas Belajar Menulis Nusantara gelombang 28. Namun baru diberikan waktu luang sekarang. Akhir-akhir jadwal terasa padat, padahal aktivitas yang dilakukan masih seperti biasa. Mungkin karena banyaknya rapat pada minggu ini. Di samping rapat dengan Jurusan, adapula rapat terkait Tantangan Literasi yang diadakan Gareulis Jabar. Semoga di artikel selanjutnya bisa berbagi tentang tantangan tersebut. 

Pengalaman menjadi moderator ini bermula dari sebuah pesan yang saya terima dari mentor saya Bu Widya. Beliau meminta saya untuk menggantikan Pak Dail menjadi moderator karena beliau berhalangan. Bu Widya pun siap memberikan bimbingan menjadi moderator kepada saya. Tidak berlama-lama, dengan niat menambah pengalaman, saya pun menerimanya. Saya mendampingi narasumber hebat, Mr. Bams. Beliau bernama lengkap Bambang Purwanto. Berikut ini profil beliau https://penamrbams.id/cv-bambang-purwanto. 

Beliau memiliki banyak pengalaman dan prestasi. Bahkan aktivitas yang sedang beliau lakukan pun sungguh menginspirasi. 

Malam itu Mr. Bams memberikan materi "Blog sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa" di Pertemuan ke-29 KBMN Gelombang 28. Beliau sangat ramah ketika berkomunikasi dari sebelum mulai kelas hingga selesai kelas. Awalnya saya merasa gugup, takut ada yang terlewat saat membersamai beliau di kelas. Tapi karena sosok beliau ramah itulah membuat kenyamanan hingga akhir. 

Pemaparan materi yang beliau sampaikan sungguh menarik. Saya sebagai pendidik menjadi tergerak untuk melakukan hal yang beliau berikan. Sepertinya akan tambah menarik lagi, kalau beliau memberikan simulasi secara langsung dalam penerapan blog sebagai Media Dokumentasi. 

Setelah kelas berakhir, saya pun merasakan lega. Alhamdulillah tidak terasa kelas sudah selesai dan ternyata beginilah rasanya menjadi seorang moderator. Deg, deg, -an, tapi Insya Allah jadi ketagihan. Semoga diberikan kesempatan untuk menjadi moderator kembali dan dapat mempunyai gaya moderator tersendiri. 

Cimahi, 17 Maret 2023

Gina Dwi Septiani

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun