Mohon tunggu...
Gilang Syakh Ramdan
Gilang Syakh Ramdan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa yang mengikuti Pogram KKN literasi digital UPI tahun 2022

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengembangan Usaha UMKM di Masa Pandemi Melalui Penggunaan dan Pengelolaan Digital

14 Februari 2022   16:40 Diperbarui: 14 Februari 2022   16:44 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENGEMBANGAN USAHA UMKM DI MASA PANDEMI MELALUI PENGGUNAAN DAN PENGELOLAAN MEDIA DIGITAL

1.  MEDIA SOSIAL 

Salah satu kekuatan pendorong terdepan dan pembangunan ekonomi di Indonesia adalah pengembangan UMKM di setiap daerah Indonesia. Dalam membantu pengembangan UMKM tersebut dapat dibantu dengan adanya media sosial yang menjadi trend tahun 2022 ini. Hal ini diakibatkan adanya pencegahan Covid 19 yang masih tinggi dan perkembangan digital yang semakin digemari masyarakat.

A.  Pengertian media online secara umum

yaitu segala jenis atau format media yang hanya bisa diakses melalui internet berisikan teks, foto, video, dan suara. Dengan pengertian media online secara umum ini, maka email, mailing list (milis), website, blog, whatsapp, dan media sosial masuk dalam kategori media online. Khusus media sosial yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia memiliki instensitas cukup tinggi dibandingkan media online lainnya. 

Media sosial tersebut yaitu Instagram, TikTok, Beetalk, Facebook, Twitter dan lain sebagainya media sosial yang tertinggi adalah Instagram. Instagram merupakan media informasi yang dapat dengan mudah menampilkan foto yang digunakan mitra UMKM. 

Fitur foto dalam Instagram pun memiliki banyak desain menarik untuk diedit, dengan tujuan agar konsumen tertarik untuk membeli produk yang dijual oleh mitra UMKM. 

Hal ini sesuai dengan media sosial yang diketahui oleh para mitra UMKM sebelumnya, yaitu Instagram. Sehingga kegiatan bisnis para mitra UMKM lebih banyak menggunakan Instagram.

B.  Hal penting yang harus ada dalam media sosial

Media online disebut juga dengan digital media adalah media yang tersaji secara online di internet. Dalam pengertian umum ini, media online juga bisa dimaknai sebagai sarana komunikasi secara online. Salah satunya adalah media sosial yang menjadi tren akhir-akhir ini.

Namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam menggunakan media sosial, yaitu profil usaha, bahasa yang menarik, foto, kualitas produk dan kemasan produk. hal penting yang harus ada dalam media sosial oleh mitra UMKM adalah foto. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun