Mohon tunggu...
M. Gilang Riyadi
M. Gilang Riyadi Mohon Tunggu... Penulis - Author

Movie review and fiction specialist | '95 | contact: gilangriy@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Financial Artikel Utama

Mengenal "Transaksi Gantung", Ketika Pembayaran Cashless Mengalami Gangguan

12 Desember 2024   07:55 Diperbarui: 12 Desember 2024   11:06 390
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Transaksi cashless. (Shutterstock via Kompas.com)

Coba bayangkan Anda ada di situasi ini. Membeli sesuatu dari satu merchant dengan menggunakan pembayaran cashless, baik itu scan QRIS, atau lewat kartu debit/kredit. Kemudian, pihak kasir memberi konfirmasi bahwa transaksi gagal dan belum diterima oleh pihak mereka. Namun di satu sisi, justru saldo milik Anda telah berkurang sesuai nominal tadi. Nah, kalau ada kasus begini, kita harus bagaimana dong?

Pastikan tenang dulu ya. Jangan terburu-buru emosi dan menganggap bahwa kita telah ditipu atau semacamnya. Jangan sampai juga marah-marah di tempat dengan merasa paling benar meski saldo kita sudah berkurang. Hal ini dalam dunia retail disebut sebagai Transaksi Gantung yang mana hal wajar yang bisa terjadi walaupun kemungkinannya kecil.

Jadi di tulisan inilah saya akan memberi penjelasan soal transaksi gantung ini agar dipahami oleh para pembaca. Di sini juga saya akan memberi saran tentang hal apa yang harus dilakukan jika menemui kasus seperti ini. Yuk kita simak.

Ilustrasi by esb.id
Ilustrasi by esb.id

MENGENAL TRANSAKSI GANTUNG

Sebagai pekerja retail yang sudah berkarir selama lebih dari 4 tahun, transaksi gantung memang kadang terjadi yang menyebabkan kesalahpahaman pada konsumen. Transaksi Gantung sendiri merupakan transaksi cashless yang tidak diterima merchant atau bisa dikatakan gagal, namun saldonya justru sudah terpotong dari konsumen.

Tentu sebagai konsumen, kita merasa jadi yang paling benar karena melihat mutasi telah berkurang. Itu menjadi bukti yang cukup bahwa transaksi berhasil dari sisi konsumen. Tapi namanya sistem, pasti ada saja celahnya yang mengalami gangguan sehingga uang yang dibayarkan konsumen jadi menggantung tanpa diterima merchant.

Ilustrasi by Media Konsumen
Ilustrasi by Media Konsumen

Kurang lebih seperti itulah gambaran umum tentang transaksi gantung. Tidak usah khawatir dan panik, apalagi sampai marah-marah. Yuk simak lagi apa yang bisa kita lakukan baik dari sisi merchant ataupun sebagai konsumen.

MERCHANT

Pihak merchant harus bisa memberi kesalahpahaman ini pada konsumen dengan tenang dan bahasa yang mudah dimengerti. Tidak semua konsumen sama, maka menjelaskannya pun harus hati-hati bahwa transaksi gantung sangat mungkin terjadi dan pihak merchant memang belum menerima uangnya.

Jika diperlukan, merchant bisa juga memberi bukti. Misalnya dari struk EDC yang belum keluar atau mutasi QRIS yang belum bertambah. Jika diperlukan juga, jangan hanya kasir saja yang menjelaskan, tapi juga penganggungjawab di sana sekelas Supervisor (misalnya).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun