Mohon tunggu...
Gilang Syaikhu Alam
Gilang Syaikhu Alam Mohon Tunggu... Lainnya - anak desa yang ingin mengejar gelar sarjana

MAHASISWA

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Komunikasi Visual Iklan McDonald's pada Masa Pandemi Covid-19

23 Juli 2022   19:11 Diperbarui: 23 Juli 2022   19:29 636
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

KOMUNIKASI VISUAL IKLAN McDonald's (McD) PADA MASA PANDEMI COVID-19

 Pada masa pandemic semua usaha berlomba lomba memperbarui semua sistem dan memperkuat sistem iklan secara online, di jaman sekarang para remaja orang tua dan juga para pembisnis kerap mencari informasi di media iklan entah dari informasi seputar tentang kehidupan, kerja maupun informasi tentang makanan.

Di tahun 2019 hingga saat ini pemerintah masih saja menerapkan sistem menjaga jarak dan di tahun 2022 baru ada kelonggaran sedikit tentang hal tersebut.

Pengaruh pandemic covid ini banyak berdampak pada masyarakat teruttama para pekerja dan juga para pengusaha, hal ini sangat berdampak pada perekonomian masyarakat luas. 

Dengan kurangnya minat beli membuat banyak usaha tutup terutama kedai kedia usaha Mcd dan saham juga ikut turun drastis. sebagaimana yan telah di tuliskan  di detik.com bahwa saham McDonald's juga merosot hingga 2,5%, penjualan secara global turun hingga 23,9.Hal ini karena operasional hanya melalui drive tgru dan pengiriman Mc Delivery

Faktor utama turunya minat beli makanan siap saji secara offline di karenakan penerapan dari PSBB, hal ini di lakukan dalam terapan peraturan pemerintah dengan tujuan agar wabar virus tidak menyebar. Pembatasan sosial berskala besar inilah yang telah membuat ratusan usaha McD tutup.

McD ialah majakan siap saji yang dimana hampir ditemukan disetiap daerah di Indonesia.  McD sendiri sudah  sangat familiar di telinga masyarakat Indonesiaa. Di era pandemic media promosi yang di gunakan McD sendiri adalah : poster, billboard, video dan lain-lain. Media-media inilah yang menjadi alat untuk menyampaikan informasi tentang keunggulan dari McD. 

Iklan yang mempromosikan produk dari McD dengan pendekatan komunikasi yang persuasif. Visual yang digunakan sebagai bahasa komunikasi mampu menarik minat beli khalayak dalam jumblah besar. 

Promosi dalam bentuk iklan sangat berpengaruh besar dengan kata lain bagaiama cara kita untuk membuat poster atau iklan tersebut menjadi sangat menarik dan memiliki makna agar yang melihat lanhsung tertarik untuk membeli atau langsung ingin mencobanya.  

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun