Di era modernisasi ini, teknologi dan komunikasi seolah tak bisa dihindari dalam kehidupan sehari-hari. Keduanya memiliki keterikatan dalam membantu kehidupan manusia dan keduanya memiliki peranan tersendiri. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa komunikasi sangat penting dalam komunikasi bisnis.Â
Apabila komunikasi bisnis berjalan lancar, benar, dan efektif maka kegiatan bisnis akan berkembang, serta akan terjalin hubungan baik antara pebisnis dengan costomer. Begitu pula dengan teknologi yang telah banyak digunakan untuk mendukung proses bisnis. Pebisnis yang membutuhkan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan mereka membutuhkan teknologi dalam kegiatan bisnisnya.Â
Komputerisasi merupakan program atau teknologi yang menunjang dalam bidang bisnis. Mulai dari input data, proses data, menyimpan data, dan mendistribusikan data. Yang semuanya itu dilakukan oleh komputer sehingga akan berjalan secara otomatis dan tidak dikerjakan lagi secara manual. Teknologi dan komunikasi sangat penting dalam bidang bisnis.
Peranan Komunikasi dalam Bisnis
Arti penting komunikasi adalah sebagai sarana atau alat untuk menciptakan jalinan pengertian yang sama dan serasi serta menimbulkan dasar tindakan serta dasar terbentuknya kerja sama. Dengan kata lain peranan komunikasi dapat diformulasikan sebagai berikut :
1. Sebagai alat untuk menciptakan kesamaan pengertian.
2. Sebagai alat untuk menggerakkan perbuatan atau reaksi pesan (komunikator).
Komunikasi Bisnis dengan Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi diantara dua orang atau lebih dengan harapan terjadinya pengaruh yang positif atau menimbulkan efek tertentu yang diharapkan. Komunikasi adalah persepsi dan apresiasi. Persaingan yang keras dalam dunia bisnis tentunya sangat membutuhkan suatu perusahaan yang dapat menangani akan hal itu diberbagai situasi yang menantang.Â
Semua bisnis tentunya juga membutuhkan semua informasi yang sangat aktual, cepat dan dapat dipercaya, yang mana bisa semua permasalahan tersebut hanya bisa diselesaikan melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi ( ICT ). Pergerakan bisnis yang semakin cepat menuntut komunikasi (suara, data dan informasi) yang lebih lebih cepat guna mempertahankan pelanggan, pemasok, dan, bahkan, dalam menghadapi persaingan.
Kesimpulan