Mohon tunggu...
Gigih dhiya ulhaq
Gigih dhiya ulhaq Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Penulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengalaman Asistensi Mengajar di SMK Turen

15 Desember 2022   01:32 Diperbarui: 15 Desember 2022   01:37 208
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

     Penglaman Asistensi Mengajar di SMK Turen, pada tanggal 1 Agustus 2022 saya bersama teman-teman saya berangkat dari Kota Malang ke Kabupaten Malang, Kecamatan Turen tepatnya di SMK Turen di SMK Turen kami melakukan kegiatan survai sekolahan disekolahan kami sudah berjanji ketemu bapak Izarul selaku guru jurudan teknik pemesinan kami disana bertanya tentang pembahasan RPP, jam mengajar, mata pelajaran yang diambil,  pembagian kelompok guru pamong dll. Dikemudian hari kami sudah membagi kelompok guru pamong sebelumnya ada 2 guru pamong untuk jurusan pemesianan bapak Izarul dan bapak Faisal kelompok yang dibagi adalah bapak Izarul: Gigih(aku sendiri), Nadia, dan Riri untuk bapak Faisal: Ilham, Iza, dan Lutfi jadi setiap guru pamong ada 3 mahasiswa tapi di hari berikutnya ada kabar dari Universitas anggota kelompok guru pamong ditentukan oleh Universitas jadi kelompok pak Izarul: Gigih (aku sendiri), Ilham, dan Iza untuk pak Faisal: Nadia, Riri dan Lutfi pada hari itu kami diajak pak Izarul untuk masuk ke kelas X TPM 5 untuk melihat situasi kelas dikelas itu kami memperhatikan pak Izarul mengajar gambar teknik dan kami sedikit mengajari siswa tentang materi yang diajarkan pak Izarul.
     Pada tanggal 15 Agustus 2022 saya, Ilham, dan Iza menemui pak Izarul untuk konsultasi apa saja yang herus disiapkan untuk mengajar, saat itu kami diberikan tugas membuat RPP untuk bebrapa pertemuan dulu saya memilih mata pelajaran CNC bubut Ilham memilih gambar teknik manufaktur dan Iza memilih gambar teknik mesin. Kami menentukan jadwal mengajar jadi kami mengajar menggunakan tim teaching atau secara berklompok 1 mata pelajaran yang mengajar 2 orang 1 mengajar dan 1 mendampingi mengajar untuk hari mengajar saya: selasa(CNC dan PKK), rabu(PKK), kamis(gambar teknik), Ilham: senin(gambar teknik), selasa (CNC), rabu (gambar manufaktur dan PKK), Iza: senin(gambar teknik), rabu(gambar manufaktur dan PKK), kamis(gambar teknik). Pada mata pelajaran PKK kami mengisi jam bergantian hari selasa dan rabu untuk mata pelajaran PKK kami hanya mendampingi pak Izarul saja tapi untuk mata pelajaran yang lain seperti CNC, gambar teknik, dan gambar manufaktuf diberikan sepenuhnya kelas kepada pak Izarul untuk mengelola kelas tersebut jadi tidak didampingi sama sekali haya pada pertemuan pertama untuk memperkenalkan mahasiswa ke siswa tersebut.
     Pada tanggal 16 Agustus 2022 mahasiswa pertama kali melakukan rapat untuk membahas proker kedepannya rapat diadakan di lingkungan Universitas Negri Malang yang tepatnya di depan taman perpustakaan pusat. Pada tanggal 22 Agustus 2022 hari senin mahasiswa resmi masuk atau berkegiatan di lingkungan sekolahan SMK Turen di hari itu kami melakukan upacara bendera pertamakalinya di SMK Turen dan dihari itu saya ditugaskan di ruang tata usaha bersama teman saya yang bernama Yogi jutusan listrik kami di ruang TU diberi tugas menata rapot sesuai nomer dan kelasnya, selain itu kami mengerjakan melengkapi data-data siswa dan dimasukkan ke rapot siswa jam kerja di ruangan TU adalah jam 07:30  14:00 tapi mahasiswa yang bertugas disana hanya sampai jam 10:00 lalu istirahat 12:30 masuk sampai jam 14:00.  
     Kesan pertama masuk kelingkungan sekolah adalah senang dan bahagia karena guru-guru dan murid-murid disana menerima kami tidak ada yang tidak suka dengan kami pastinya kami senang dan bahagia hari selanjutnya tepatnya hari selasa saya bertugas untuk mengajar CNC bubut dikelas XI TPM 3 tepatnya di ruang BM 1 lab mesin pertama kali masuk kelas saya dan Ilham diperkenalkan pak Izarul kepada siswa di hari itu saya pertama kali mengajar di depan siswa rasanya campur aduk senang, takut, malu, gemeteran dll tapi pada saat itu siswa menerima saya dengan senang dan heppy. Pada tanggal 24 Agustus 2022 sekolahan mengadakan Screening kesehatan siswa kelas X semua jurusan disaat itu saya ditugaskan sebagai petugas untuk melancarkan kegiatan itu saya dan teman mahasiswa di beri tugas untuk memanggilkan siswa-siswa untuk melakukan Screening, sebelumnya Screening kesehatan adalah program dari pemerintah untuk siswa SMK bertujuan untuk melihat kesehatan siswa SMK seperti cek darah, tinggi badan, berat badan dan kegiatan ini mengecek siswa tidak terjerumus ke pergaulan bebas seeperi meminum minuman keras, obat-obatan, dan sudah pernah hubungan terlarang.
Pada bulan pertama saya merasa senang melakukan kegiatan di sekolah ini tapi pada bulan yang kedua saya merasa kurang senang berada di lingkungan sekolahan karena tingkah laku siswanya saat saya mengajar di bulan kedua saya merasa siswa yang saya ajar mulai menyepelkan saya seperti yang bermain hp, tiduran, membuka youtube dll tapi saya rasa siswa tersebut berada di ruangan yang terkoneksi internet di lan komputer jadi siswa perhatiannya tidak ke guru lagi tapi ke hp masing-masing, pada bulan ke tiga dan ke empat siswa sudah memahami karakter saya dan saya sudah memahami karakter siswa masing-masing dan juga didukung pada lokasi pembelajaran pada bulan ketiga dan keempat pembelajaran di ruangan bengkel CNC jadi diruangan itu tidak tersambung dengan internet jadi untuk mengkondisikan kelas sudah mulai mudah diarahkan.
Kegiatan Asistensi Mengajar tidak hanya berkegiatan di bidang akademik atau mengajar saja tapi ada kegiatan non akademik dan administrasi seperti piket tatib, piket BK, piket perpustakaan, piket TU, piket kurikulum, seminar, screning kesehatan dll. Piket di tatib mahasiswa diberikan tugas mengisi jam kosong gueu yang ijin, memanggil siswa yang bermasalah dan menggukum sisiwa yang bermasalah. Piket di BK(bimbingan konseling) mahasiswa diberikan tugas mencatat daftar hadir siswa, melengkapi data-data promosi sekolah SMK Turen, memanggil siswa dll. Piket pepustakaan mahasiswa diberikan tugas membersihkan rak-rak buku dari debu, menyampul buku yang baru datang, menginput data identitas buku di leptop seperti nama penulis, nama penerbit, tahun terbit, dll. Piket di TU (tata usaha) mahasiswa diberikan tugas yang bermacam-macam seperti jika sekolah mulai mengadakan ujian maka kita diberikan tugas untuk menyapkan kartu ujian siswa, jika sekolah sudah selesai ujian kita diberikan tugas melengkapi nilai-nilai siswa yang berada di rapot dan merapikan rapot, dll. Piket di kurikulum mahasisiwa diberikan tugas mengumpulkan soal, kisi-kisi, dan jawaban di komputer lalu dicetak satu-satu permata pelajaran, untuk jadwal piket di SMK Turen sudah ditentukan oleh ibu Ita selaku koordinator AM di SMK Turen dan setiap minngu pasti jadwalnya diacak jadi kita tidak bosen dan kita bisa menambah wawasan ilmu dari setiap ruangan piket.
     Pada tanggal 9 November 2022 kami mahasiswa mengadakan sebuah seminar yang berjudul  Pendalaman Passion Dan Penguatan Etos Kerja seminar ini  khusus untuk kelas XII saya, audience sekitar 70 siswa, guru dan pemateri sekitar 30 orang. Kami mengundang pemateri dari perusahaan 1 dan pemateri dari dosen pembimbing 1, saat acara berlangsung siswa antusias mendengarkan pemateri dan banyak pertanyaan siswa ke pemateri.
Pelaksanaan PTS dan PAS mahasiswa terlibat langsung di kegiatan tersebut, kami bertugas menjadi petugas ujian ada yang menjadi seketaris, ujian susulan, pengawas, dan tatib dengan saya melaksanakan tugas tersebut saya mendapatkan wawasan baru lagi tentang menjalankan ujian saya pikir guru hanya pengawas ruangan saja tapi lebih dari itu ada tugas guru lain yang suksek menjalankan ujian PTS dan PAS. Terimakasih kepada program asistensi mengajar karena program ini membuka pola pikir saya terhadap dunia guru dan sekolah dan terimakasih juga Ibu Ita yang sudah membimbingkami dengan sabar, Pak Izarul yang baik hati sudah memberikan ilmunya secara percuma dan juga guru-guru dan karyawan di SMK Turen yang sudah membantu kami saat kegiatan asistensi mengajar dan maafkan kami atas perkataan atau perbuatan kami yang tidak pantas dan menyakiti hati. Terimakasih Semuanya.    

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun