Mohon tunggu...
GICEILA DIAS PRADITYA
GICEILA DIAS PRADITYA Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya merupakan salah satu guru seni musik di SMP Negeri Jakarta. Saya memiliki pengalaman dibidang bernyanyi dari skala Lokal hingga Internasional. Mari berbagi..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Modul 3.2 Guru Penggerak Demonstrasi Kontekstual Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

31 Oktober 2022   10:34 Diperbarui: 31 Oktober 2022   10:43 422
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tujuan Khusus :

  1. CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.
  2. CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.
  3. CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
  4. CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.

Berikut link video yang dianalisis 


Analisis Video

1. Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?

Mewujudkan peserta didik yang berakhlak mulia, mandiri, kreatif, dan kolaboratif, serta pembelajaran yang menyenangkan


2. Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?

Mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar

3. Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?

"Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar?"

4. Apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan B-A-G-J-A?

  • B-Buat Pertanyaan

Guru membuat kesepakatan dengan rekan sejawat untuk membuat pertanyaan utama dalam melakukan perubahan

Guru bertanya kepada peserta didik apa yang terlintas ketika ada tulisan "Penyemangat Belajar".


  • A - Ambil Pelajaran

Peserta didik mengutarakan hal-hal yang menjadi penyemangat mereka dalam pembelajaran

Peserta didik diajak berkunjung ke kelas lain dan mengambil pelajaran untuk menambah inspirasi hal-hal yang dapat membuat semangat dalam pembelajaran


  •  G - Gali Mimpi

Peserta didik menggambarkan kelas yang nyaman dan menyenangkan yang menjadi penyemangat belajar mereka

Peserta didik mempresentasikan gambaran suasana kelas yang menjadikan mereka semangat belajar


  • J - Jabarkan Rencana

Peserta didik diajak berkontribusi menentukan kebutuhan.

Guru dan peserta didik mengidentiikasi daftar apa saja yang akan dilakaukan untuk membuat kelas impian.


  • A - Atur Eksekusi

Peserta didik diberi kesempatan berkontribusi untuk menentukan pembagian tugas dalam kelompok.

Guru dan peserta didik meynepakati  waktu pelaksanaannya.

Peserta didik diminta untuk menyiapkan alat dan bahan untuk mewujudkan kelas impian.

Guru memotivasi dan peserta didik


Terima kasih,

Selamat tergerak untuk bergerak!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun