Mohon tunggu...
Sugiarto Hadiwijoyo
Sugiarto Hadiwijoyo Mohon Tunggu... pegawai negeri -

Mengajar Matematika di SMA N 1 Pegandon Kendal sejak tahun 1992 hingga sekarang. Pendidikan terakhir S2 Pendidikan Matematika UNNES

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pertanyaan Efektif

30 November 2014   18:47 Diperbarui: 17 Juni 2015   16:27 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

PERTANYAAN EFEKTIF

Pertanyaan efektif dinilai penting dalam pembelajaran karena dapat 1)membantu siswa menenmukan kembali konsep dan prinsip oleh dirinya sendiri, 2)mendorong atau melibatkan siswa berpikir matematis, 3)memfokuskan perhatian siswa pada materi matematika tertentu, 4)mendiagnosa kesulitan siswa, 5)mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan sikap inkuiri, 6)memancing siswa untuk mengemukakan pendapatnya sendiri.

Karakteristik dari pertanyaan efektif yang kemungkinan besar dapat membelajarkan siswa secara maksimal adalah karakteristik 1)melatih siswa untuk mengembangkan teknik atau cara-cara dalam memahami pertanyaan dan menjawab pertanyaan, 2)membiasakan atau menuntut siswa untuk berpikir, tidak hanya sebatas mengingat dan menyebutkan, 3)memungkinkan jawaban benar yang beragam, baik dalam tingkat kebenarannya yang samamaupun dalam tingkat kebanaran yang tidak setara.

Pertanyaan yang kurang efektif adalah pertanyaan yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut : 1)pertanyaan tertutup (karena tidak mengakomodasi keberagaman berfikir siswa dan tidak menuntut berpikir tinvkat tinggi), 2)pertanyaan yang mengarah pada jawaban (karena pertanyaan tersebut tidak menuntut siswa menemukan jawaban oleh dirinya sendiri), 3)pertanyaan yang tidak menggugah atau melibatkan emosional siswa (karena tidak menumbuhkan antusias dan motivasi siswa).

Hal berbeda yang akan saya lakukan pada pengajaran matematika selanjutnya adalah mengembangkan dan menerapkan pertanyaan-pertanyaan yang mengungkit antusiasme dan cara berpikir yang tinggi. Untuk meningkatkan antusiasme, saya akan mencoba mengembangkan pertanyaan-pertanyaan matematis yang konteksnya berupa dunia siswa yang benar-benar menjadi fokus perhatian mereka (bisa berupa hubungan pertemanan mereka, hobi mereka, atau trending topi yang sesuai dengan perkembangan usia mereka : otomotif, mode busana, humor dsb). Untuk meningkatkan saya akan mengembangkan pertanyaan-pertanyaan yang melatih mereka untuk: 1) memahami persoalan dunia nyata, 2) mengubah persoaln dunia nyata menjadi model Matematika, 3)membuat solusi atau penyelesaian matematis dari model matematika 4) menafsirkan penyelesaian matematis menjadi penyelesaian masalah dunia nyata.

Rangkuman mengenai hal-hal menarik pada forum diskusi : 1)perlunya pertanyaan Open Ended untuk melatih siswa berpikir mendalam atau tinggi, 2) teknik pembuatan pertanyaan efektif yang pada forum diskusi ini, kebanyakan diperoleh menggunakan cara bergerak mundur, 3)pengamatan video terutama pada video kedua bahwa guru dalam video tersebut belum menerapkan pertanyaan efektif karena banyak pertanyaan dijawab oleh guru sendiri, masih banyak jawaban serempak, pertanyaannya berupa pefrtanyaan tertutup dan hanya diminta untuk menyebutkan nama-nama objek tertentu.

Artikel ini adalah bagian dari tugas Diklat Online P4TK Matematika

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun