Mohon tunggu...
Gia Ghaliyah
Gia Ghaliyah Mohon Tunggu... Guru Fisika -

"Karena dengan menulis, saya meninggalkan banyak jejak sebagai saksi bahwa saya ikut andil memberikan solusi-solusi untuk bangsa ini."

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Guru Inspiratif Cermin Masa Depan Menuju Indonesia Emas 2045

28 September 2015   10:13 Diperbarui: 28 September 2015   10:24 185
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendahuluan

Pada era kompetitif, Indonesia dan semua negara berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikannya, karena kualitas pendidikan merupakan salah satu indikator tingkat kesejahteraan masyarakat pada suatu negara. Zamroni (2005: 1) menyatakan program peningkatan kualitas pendidikan adalah tercapainya tujuan pendidikan nasional secara substantif, yang diwujudkan dalam kompetensi yang utuh pada diri peserta didik, dan ujung tombak dari semua itu adalah guru. Guru adalah sosok katalisator yang sangat menentukan kualitas pendidikan di Indonesia. Menurut Education For All Global Monitoring Report 2013 yang dikeluarkan oleh UNESCO setiap tahun dan berisi hasil pemantauan pendidikan dunia, dari 127 negara, Education Development Index (EDI) Indonesia berada pada posisi ke-69, dibandingkan Malaysia (65) dan Brunei (34).

Lantas bagaimana nasib masa depan bangsa ini? Indonesia harus membuktikan kepada dunia, kalau bangsa ini mampu meningkatkan kualitas dan memperbaiki kondisi pendidikannya serta mampu mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas untuk masa depan. Lalu, bagaimanakah cara untuk meningkatkan kualitas, efektivitas serta memperbaiki kondisi pendidikan negeri tercinta ini? Peningkatan kualitas pendidikan Indonesia merupakan upaya pencapaian tujuan pendidikan secara efektif dan efisien, maka salah satu solusinya adalah mengunggulkan karakter inspiratif kepada semua pendidik bangsa dan calon pendidik bangsa.

Mimpi Indonesia di Era Emas 2045

Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak mimpi. Negeri ini tidak hanya sakadar mempunyai banyak mimpi saja, tapi negeri ini juga sangat berusaha untuk mewujudkan mimpinya satu-persatu, salah satunya di bidang pendidikan. Mata dunia sedang tertuju pada pendidikan Indonesia. Ada apa dengan pendidikan Indonesia? Hasil PISA tahun 2012 untuk bidang Matematika dan IPA, Indonesia berada pada urutan ke 64 dari 65 negara peserta PISA, hasil tersebut menunjukkan bahwa kualitas pendidikan Indonesia masih sangat tergolong rendah.

Era Indonesia Emas 2045 akan menjadi saksi dari perjalanan pembuktian mimpi Indonesia terutama di bidang pendidikan. Pemerintah Indonesia sudah melakukan berbagai cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negeri ini, diantaranya perubahan kurikulum dalam sistem pendidikan Indonesia, pemerataan pendidikan sampai ke pelosok daerah, mencetak banyak guru-guru yang dapat mengajar dan paham dengan IT, mendirikan banyak sekolah keterampilan (seperti SMK dan STM), dan lain-lain.

Jika ingin kualitas pendidikan di Indonesia dapat menjadi jauh lebih baik, maka kualitas dari seorang guru sebagai pendidik bangsa juga harus ditingkatkan. Dari semua hal yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk pendidikan Indonesia, masih memerlukan solusi penting untuk dapat mewujudkan mimpi Indonesia, yaitu menjadikan pendidikan bangsa ini berkualitas dengan menanamkan karakter inspiratif yang dimiliki semua pendidik di negeri ini.

Hari ini mungkin dunia memandang kualitas pendidikan Indonesia memang masih tergolong sangat rendah, tapi kita harus optimis bahwa Indonesia mampu menjawab tantangan dunia di era keemasannya. Era Indonesia emas 2045 memang masih beberapa puluh tahun lagi. Maka dari itu, Indonesia membutuhkan waktu yang cukup untuk membuat kualitas pendidikan bangsa ini menjadi jauh lebih baik, mari kita buktikan apa yang terjadi dengan pendidikan Indonesia di era emas 2045. Waktu yang cukup dengan proses yang maksimal akan sangat memungkinkan bagi Indonesia untuk mewujudkan mimpinya di masa mendatang, karena Indonesia akan menjadi pemasok anak-anak bangsa cerdas berkualitas yang akan dipandang oleh dunia.

Sosok Inspiratif Guru Adalah Cermin Masa Depan Pendidikan Indonesia

Guru merupakan ujung tombak dalam meningkatkan kualitas pendidikan, dimana guru akan melakukan interaksi langsung dengan peserta didik dalam pembelajaran di ruang kelas. Melalui proses belajar dan mengajar inilah berawalnya kualitas pendidikan. Artinya, secara keseluruhan kualitas pendidikan berawal dari kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru di ruang kelas.

Pada hakekatnya, guru tidak hanya dituntut untuk menjadi pendidik yang berkualitas. Pendidikan Indonesia membutuhkan sosok inspiratif. Guru-guru Indonesia biasanya hanya melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas dengan metode-metode dan strategi pembelajaran yang menarik dan efektif. Percayalah, hal itu belumlah cukup. Karakter inspiratif sangat perlu dimiliki oleh guru-guru Indonesia, karena guru inspiratif adalah cermin masa depan pendidikan Indonesia. Karakter inspiratif adalah karakter yang berperan penting untuk mampu menularkan pengaruh positif dalam membangun dan mengembangkan potensi diri seseorang 1. Karakter itulah yang patut dimiliki oleh pendidik bangsa dan calon pendidik bangsa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun