Jum'at, (12/2) bertempat di AL Collection Gonjen Tamantirto, KKN Reguler IT Universitas Muhammadiyah Yogyakarta gelar Pelatihan Pengelolaan Media Sosial kepada mitra AL Collection. Pelatihan ini bertujuan memberikan pengetahuan kepada mitra usaha konveksi AL Collection tentang pemasaran produk ke media sosial.
Mitra dalam kegiatan pengabdian ini adalah Bu Dari sebagai pemilik UMKM Konveksi AL Collection. Usaha jasa konveksi yang dijalani sejak tahun 2006 hanya menggunakan sistem pre-order (membuat bila ada pesanan).Â
 Metode pemasaran secara daring (online) dapat memperluas jaringan informasi serta pangsa pasar usaha memande ini. Bu Dari mengakui, beliau ingin melakukan promosi usaha secara daring (online), namun itu semua terhalang karena keterbatasan pengetahuan tentang media social dan internet sehingga metode tersebut belum dilakukan. Disinilah peran KKN Reguler IT 003 dalam meningkatkan proses pemasaran produk hasil jasa konveksi ini melalui edukasi penggunaan media sosial. Anggota yang terlibat dalam KKN ini memberikan pelatihan penggunaan social media seperti pembuatan akun email, pembuatan akun Whatsapp Business & Instagram dan cara memasarkan produk hasil produksi ke sosial media tersebut. Dengan adanya social media, maka dapat memudahkan konsumen dalam komunikasi saat akan melakukan pemesanan.
Sementara itu menurut salah satu warga sekitar menuturkan,"kegiatan pelatihan social media ini tentunya bagus sekali dilakukan apalagi untuk orang orang seperti Bu Dari yang kurang mengikuti perkembangan tekonologi selain itu hal ini juga akan membantu bisnis Bu Dari untuk ke depannya,"kata Pak Suryo salah satu warga Gonjen.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H