Mohon tunggu...
Ghina Aufa Maulida
Ghina Aufa Maulida Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Aktif Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia

Saya suka menulis, mewarnai, bercerita kepada khalayak umum, dan menonton film.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Teori Belajar Kognitif, Meta Kognitif, dan Pendekatan Kontruktivisme

27 Oktober 2024   13:25 Diperbarui: 27 Oktober 2024   13:26 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Teori kognitif yang diperkenalkan oleh Wundt menekankan bahwa pembelajaran merupakan proses aktif dan kreatif dalam membangun struktur pengetahuan melalui pengalaman. Teori ini memiliki tiga prinsip dasar: belajar aktif (pengetahuan terbentuk dari dalam diri), interaksi sosial (pembelajaran melalui interaksi dengan teman sebaya dan orang dewasa), dan pengalaman langsung. Kurt Lewin memperdalam pemahaman ini melalui teori Cognitive Field yang memperhatikan aspek kepribadian dan psikologi sosial, dengan memperkenalkan konsep "life space" - ruang kehidupan di mana pembelajaran terjadi melalui interaksi dengan lingkungan.

Perkembangan metakognitif, yang diteliti oleh J.H Flavel dan A.L Brown, berfokus pada kemampuan anak dalam memahami dan mengontrol proses berpikir mereka sendiri. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak usia 3 tahun telah mampu memahami bahwa pikiran adalah peristiwa mental internal yang menyenangkan dan bersifat referensial. Mereka dapat membedakan antara pikiran dan pengetahuan, serta memahami keterkaitan dengan dunia fisik. Bahkan anak-anak usia 2-2,5 tahun telah mengerti konsep menyembunyikan objek dan menggunakan taktik penipuan, menunjukkan perkembangan awal kemampuan metakognitif.

Konstruktivisme, yang dikembangkan terutama oleh Vygotsky, memandang pembelajaran sebagai proses pembangunan makna melalui interaksi sosial. Pendekatan ini menekankan bahwa manusia adalah spesies unik yang mampu menciptakan kebudayaannya sendiri. Vygotsky mengidentifikasi beberapa kunci pemikiran penting:

  • Kebudayaan berperan dalam perkembangan intelektual anak
  • Pembelajaran terjadi melalui proses dialektika dan interaksi sosial
  • Bahasa menjadi bentuk primer dari interaksi
  • Konsep ZPD (Zone of Proximal Development) menjelaskan perbedaan antara kemampuan mandiri anak dan potensinya dengan bantuan orang yang lebih kompeten.

Ketiga pendekatan ini membentuk pemahaman komprehensif tentang proses pembelajaran:

  • Teori Kognitif memberikan dasar pemahaman tentang bagaimana pengetahuan dibangun secara aktif melalui pengalaman dan interaksi.
  • Metakognitif menjelaskan bagaimana pembelajar mengembangkan kesadaran dan kontrol atas proses berpikir mereka.
  • Konstruktivisme menekankan pentingnya interaksi sosial dan peran budaya dalam pembelajaran.

Dalam praktik pendidikan, ketiga pendekatan ini perlu diintegrasikan untuk menciptakan pembelajaran yang efektif. Pendidik perlu memfasilitasi:

  • Pembangunan pengetahuan aktif melalui pengalaman langsung
  •  Pengembangan kesadaran metakognitif
  • Interaksi sosial yang bermakna
  • Penghargaan terhadap keunikan setiap pembelajar

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun