Mohon tunggu...
Ghery Helwinanto
Ghery Helwinanto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Membaca memiliki banyak tujuan seperti mencari arah ke tempat tujuan, mencari arti dari suatu kata, mencari penjelasan dari suatu kejadian, dan lain-lain. Membaca juga tidak melulu soal buku, bisa juga koran, majalah, artikel ilmiah, artikel berita, peta, kamus, hingga bibliografi.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Kecemasan Saya dalam Penulisan Artikel Bagi Pembaca

2 September 2023   14:46 Diperbarui: 2 September 2023   14:49 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Sebelumnya, saya meminta maaf karena tidak sering mengupdate tulisan di platform ini karena saya sibuk belajar untuk memenuhi kewajiban saya sebagai mahasiswa dan tidak sempat karena terlalu sibuk mempelajari hal selain kepenulisan. Tapi di sela-sela waktu tersebut, saya juga terpikirkan beberapa hal seperti keorisinalitasan tulisan saya pada artikel-artikel ini dan artikel selanjutnya. Bangkit dari kepedulian saya tentang informasi yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan. Saya mengambil beberapa informasi dalam Bahasa asing khususnya Bahasa inggris untuk saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia sehingga mudah dimengerti oleh para pembaca artikel saya. Jadi, bilamana pembaca artikel ini atau artikel selanjutnya yang akan saya publish menemukan kesamaan dengan sebuah video di internet ataupun sumber bacaan lain dalam Bahasa asing. Saya menegaskan bahwa informasi yang saya berikan disini bukanlah milik saya, melainkan penerjemahan dari Bahasa asing sehingga dapat dibaca dan dipelajari oleh orang-orang yang memiliki ketertarikan dalam hal penulisan.

Beberapa waktu setelah penulisan artikel saya yang kemarin. Saya cukup cemas dan was-was bilamana seseorang akan mempertanyakan pengetahuan saya sebagai penulis dari artikel tersebut berhubungan dengan kemampuan kepenulisan. Namun, sekarang saya sudah cukup yakin untuk melanjutkan artikel dengan tema yang sama, yaitu tentang kepenulisan lantaran informasi yang berhubungan dengan tips dan trik kepenulisan atau bahkan teknik-teknik, maupun istilah-istilah tertentu kurang dapat saya temukan di dalam Bahasa Indonesia. Selain itu, di platform ini saya dapat membagikan informasi secara gratis bagi pembaca.  Berbekal dengan kemampuan berbahasa inggris saya yang pas-pasan serta alat penerjemah yang canggih saat ini. Saya mengharapkan bahwa informasi yang saya bagikan melalui artikel ini dapat menjadi referensi bagi penulis-penulis muda atau penulis yang baru ingin memulai karirnya sebagai penulis. Saya menyadari bahwa mungkin terdapat sebagian dari pembaca saya yang berpendapat bahwa saya kurang terkualifikasi untuk menulis artikel-artikel ini karena pada detik saat saya menulis artikel ini, saya bukanlah seorang penulis. Meski begitu, saya memiliki kepedulian terhadap dunia kepenulisan ini sehingga berangkat dari hal inilah saya berharap dapat memberikan informasi yang dapat dijadikan referensi bagi kepenulisan.

Untuk alasan-alasan tersebutlah saya kurang percaya diri dalam menulis artikel. Oleh sebab itu, saya sampaikan pada artikel ini agar pembaca artikel selanjutnya dapat mengerti concern yang saya harapkan. Hal ini juga untuk menghindari bilamana di masa depan terdapat pembaca yang salah paham akan artikel yang saya tulis. Demikian, terimakasih. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun