Mohon tunggu...
Geresia12 Geresia12
Geresia12 Geresia12 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Olah raga,bernyanyi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Implementasi Teknologi 3A Dorongan Bisnis Capai Efesiensi Hingga 30%

14 Desember 2024   19:35 Diperbarui: 14 Desember 2024   19:32 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Teknologi Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) telah menjadi salah satu bidang yang paling cepat berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Penerapan teknologi ini tidak hanya terbatas pada sektor tertentu saja, tetapi telah merambah ke berbagai industri, termasuk kesehatan, finansial, manufaktur, dan tentunya, layanan digital. Di Indonesia, perkembangan AI menunjukkan gejala yang sama dengan tren global, di mana banyak perusahaan mulai mengeksplorasi dan mengintegrasikan AI untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Infomedia sebagai subsidiary Telkom Group dan penyedia layanan Digital Business Process Outsourcing (BPO) menghadirkan layanan dan solusi berbasis AI, Automation dan Analytics (3A) baik dibagian front-end maupun back-end perusahaan. Perkembangan Teknologi AI di Indonesia Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia telah menyaksikan lonjakan signifikan dalam adopsi teknologi AI. Pemerintah, melalui berbagai inisiatif, mendorong penggunaan AI di berbagai sektor untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital. Dengan populasi yang besar dan tingkat penetrasi internet yang terus meningkat, Indonesia memiliki potensi besar untuk memanfaatkan AI dalam meningkatkan layanan publik, memperbaiki sistem proses bisnis, dan memberikan pengalaman yang lebih personal kepada konsumen. Melansir halaman Dirjen Kemenkominfo, dalam upaya mencapai Indonesia Digital 2045, ekosistem teknologi digital yang perlu dibangun mencakup IoT (Internet of Things), Jaringan 5G, Cloud, Big Data, Artificial Intelligence (AI), dan Security. Proses transformasi digital dimulai dari digitization (konversi data analog ke digital), digitalization (penggunaan teknologi digital dan data yang telah ter-digitisasi), hingga digital transformation (pengadopsian teknologi digital untuk pemanfaatan teknologi tersebut). Infomedia sebagai salah satu perusahaan terdepan dalam menyediakan layanan BPO berbasis teknologi AI di Indonesia telah berkomitmen untuk menghadirkan solusi yang inovatif melalui penerapan AI Automation dan Analytics. Dengan memanfaatkan teknologi AI, Infomedia mampu menawarkan layanan yang lebih efisien kepada kliennya. Eddy Sofryano - Direktur Utama Infomedia menyampaikan, "Pentingnya perusahaan menerapkan teknologi AI ini merupakan salah satu cara untuk agile terhadap perubahan dan dinamika bisnis yang terjadi begitu cepat. Saya rasa penerapan teknologi AI dalam setiap unit/fungsi perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas bisnis jauh lebih tinggi". Layanan 3A Infomedia Efisiensikan Proses Bisnis Hingga 30% Salah satu aspek penting dari layanan yang ditawarkan oleh Infomedia adalah otomatisasi proses bisnis. Melalui AI Automation, banyak proses yang dulunya dilakukan secara manual kini dapat diotomatisasi. Misalnya, Contact Center dan Omnichannel AI (OmniX AI) yang diterapkan dalam layanan pelanggan dapat mengelola chatbot berbasis AI, menangani pertanyaan yang sering diajukan secara otomatis, memberikan rekomendasi tindakan kepada agen berdasarkan pola interaksi yang telah dianalisis dari data sebelumnya, sehingga mengurangi beban kerja agen layanan pelanggan, dan memberikan respon yang lebih cepat kepada pelanggan. Hal ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga menciptakan customer experience yang lebih optimal. Selain itu, Infomedia juga memanfaatkan AI dalam analisis data. Dengan menggunakan algoritma machine learning, Infomedia dapat membantu perusahaan dalam menganalisis data pelanggan dan memberikan solusi berbasis data yang lebih efektif. Misalnya, analisis sentimen yang diterapkan pada umpan balik pelanggan dapat memberi wawasan berharga tentang kepuasan pelanggan dan area yang perlu ditingkatkan. Dengan demikian, perusahaan tidak hanya bisa memahami kebutuhan pelanggan, tetapi juga merespons dengan lebih tepat dan cepat. Pada operasional back-end process, Infomedia menerapkan teknologi ini dalam proses human resource untuk memenuhi journey pekerja from hire to retire. Secara langsung manfaat dari penerapan teknologi AI ini telah tercermin dalam beragam implementasi rekrutmen berskala besar di Indonesia. Bahkan tidak hanya itu, transformasi digital melalui pemrosesan dokumen secara digital juga telah diterapkan dalam layanan Doc.AI untuk pengambilan data, klasifikasi, verifikasi, serta mendapatkan wawasan mendalam dari informasi yang ada. Melihat perkembangan yang ada, masa depan teknologi AI di Indonesia tampaknya sangat menjanjikan. "Implementasi Contact Center AI di salah satu pusat layananan pelanggan yang dikelola Infomedia telah berhasil meningkatkan efisiensi hingga 30%. Kita dapat berharap bahwa penerapan teknologi ini akan semakin luas dan mendalam. Infomedia bukan hanya memperkenalkan teknologi, tetapi juga membangun kolaborasi yang mendukung inovasi dan pertumbuhan di sektor digital", sambung Eddy. Bagaimana teknologi AI dapat diterapkan untuk meningkatkan efisiensi dan memberikan nilai tambah kepada pelanggan menjadi tujuan perusahaan disertai dengan komitmen untuk terus berinovasi dan mengedukasi pasar. Dalam waktu dekat, Infomedia akan menghadirkan sesi conference dengan tema INFINITE - Infomedia Insight in Technology Excellence di akhir Oktober 2024 mendatang. Melalui event ini, Infomedia menghadirkan kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, institusi maupun asosiasi untuk memberikan insight tentang revolusi AI. Ke depan, sangat penting untuk memastikan bahwa semua pihak dapat merasakan manfaat dari kemajuan teknologi AI yang akan membawa Indonesia menuju era baru dalam dunia bisnis.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun