Brando Franco Windah  dikenal sebagai Windah Basudara merupakan konten kreator yang terkenal dengan streaming Youtubenya yang sangat menghibur dan mengasyikkan. Kelahiran  Manado, 14 Maret 1992 dan sekarang berumur 32 tahun , Windah Basudara sudah menjadi konten kreator Youtube selama lima tahun dan masih bertahan sampai sekarang. Ia juga sangat dikenal dengan istilah "Bocil Kematian" sebagai sebutan bagi penggemarnya sehingga sebutan ini sudah menjadi khas bagi Windah Basudara. Ia sekarang memliki 15,2 Juta subscriber dan 5.300 video yang sudah diupload di kanal Youtubenya serta memiliki 3,2 Juta pengikut pada akun Instagramnya.
Setiap orang sukses pasti memiliki kisah perjuangannya masing-masing dan Windah Basudara memiliki kisah perjuangannya sebelum menjadi konten kreator dan influencer yang sukses seperti sekarang. Sebelum terjun ke dunia Youtube dahulu Windah atau Brando pernah berkuliah di jurusan Hubungan Internasional tetapi terpaksa berhenti karena kesulitan dari segi biaya, namun Brando tidak menyerah akhirnya Ia lanjut bekerja sebagai pelayan di restoran dan hotel. Setelah bekerja sebagai pelayan Brando memutuskan untuk terjun ke dunia Youtube tetapi tak semudah itu untuk menjadi konten kreator yang digemari banyak orang sehingga membuat Brando terus pantang menyerah untuk konsisten dalam melakukan streaming Youtubenya bahkan Ia sangat kesulitan mendapatkan penonton saat pertama kali streaming di kanal Youtubenya. Dengan kegigihan dan semangat pantang menyerahnya dalam melakukan streaming Youtube akhirnya Windah bisa sampai di titik ini, titik yang membuat namanya semakin naik drastic sehingga Ia disukai dan digemari banyak orang mulai dari anak kecil sampai orang dewasa sekalipun.
Setiap orang memiliki ciri khas nya masing-masing dan Windah Basudara sendiri memiliki ciri khasnya yang sangat unik seperti mengabsen penontonnya saat dimulainya streaming, hal ini membuat suasana live streaming semakin meriah ditambah lagi tingkah konyol dan ekspresi yang penuh dengan gelak tawa yang diberikan oleh Windah Basudara sehingga penonton semakin betah untuk menonton live streaming. Windah Basudara juga memiliki pendekatan yang sangat interaktif terhadap penontonnya seperti menuruti apa kata penontonnya, meminta pendapat penontonnya jika merasa kebingungan dengan alur game sehingga  membuat penonton semakin bersemangat dan merasa diperhatikan oleh Windah Basuadara. Dalam live streaming nya Windah sering kali menghadirkan drama-drama yang konyol dan lucu di akhir live streaming nya yang membuat penonton semakin menyukai dan menunggu  live streaming nya setiap hari karena penonton ingin melihat momen tersebut. Alasan lain para penonton menyukai Windah karena ia juga memiliki kepedulian dan kebaikan yang sangat besar terhadap isu -- isu sosial yang terjadi di Indonesia seperti melakukan live streaming dengan membuka donasi untuk para korban bencana alam, panti asuhan, untuk orang yang kesusahan sehingga membuat para penonton semakin suka dan senang saat menonton Windah Basudara.
Windah Basudara memiliki strategi kreatif  dalam pembuatan kontennya yang berbeda dari Youtuber Gaming lainnya, contohnya adalah gimmick. Gimmick merupakan trik atau cara yang dilakukan oleh seseorang untuk menarik dan mencvari perhatian kepada penonton, dapat berupa sound effect, ilustrasi musik, adegan menegangkan, mimic atau ekspresi wajah, dan acting dari seseorang tersebut. Gimmick ini digunakan oleh Windah Basudara untuk menarik perhatian penontonnya sehingga gimmick ini menjadi salah satu trik marketing dari Windah sendiri untuk membuat kontennya semakin ramai dan diminati. Dengan gimmick konyol, pura - pura marah, merasa paling pandai dalam memainkan game tersebut, tidak mau disalahkan dan tingkah lucunya itu yang membuat penonton semakin suka dan betah untuk menonton konten dari Windah, selain itu Windah juga selalu menjaga interaksi dengan penontonnya melalui kolom live chat siaran langsung sehingga membuat antusiasme penonton semakin tinggi dan membuat penonton terasa dekat dengan Windah.
Diketahui saat menjadi konten kreator Windah Basudara memliki penghasilan yang cukup fantastis dari konten -- konten yang ia upload di Youtube. Menurut superlive.id pendapatan b yang Windah dapatkan selama menjadi konten kreator t diprediksi berada di kisaran US$1,46 juta (sekitar Rp 22 miliar) hingga US$8,73 juta (sekitar Rp131 miliar) dalam setahun. Sementara itu, tiap bulan, pendapatannya bisa mencapai US$32.200, atau sekitar Rp488 juta dan penghasilan tersebut belom terhitung dari sumber penghasilan lainnya seperti sponsor, endorsement, dan bisnis top up game Bernama @windahtopupstore.wq. Selain itu, ia juga memiliki penghasilan dari event yang ia selenggarakan yaitu Motion Ime Festival yang memiliki daya tarik yang luar biasa di kalangan remaja dan penggemar Windah Basudara.
Dengan keteguhan hatinya dan jerih payahnya menjadi seorang konten kreator, Windah Basudara berhasil meraih beberapa penghargaan dan prestasi yang cemerlang. Pada 18 November 2021 ketika GTV mempersembahkan Indonesian Esports Awards 2021, Windah Basudara berhasil mengumpulkan suara terbanyak untuk memenangkan Most Favorite Gaming Content Creator of 2021, meskipun persaingan ketat di empat nominasi lainnya, yakni Dyland Pros, Jess No Limit, Jonathan Liandi dan Oura Gaming. Kemudian, pada ajang Dunia Games Awards 2021 yang diadakan pada 23-24 Desember 2021, Windah Basudara meraih penghargaan sebagai Gaming Content Creator f The Year. Selain itu, pada tahun 2024 Windah Basudara berhasil meraih Social Media Icon Indonesia Terfavorit di Amazing Kids Favorite Awards. Windah mengalahkan beberapa nominator lainnya, seperti Fadil Jaidi, Fuji An, dan Vilemi. Penghargaan -- penghargaan tersebut membuktikan bahwa perjuangan dan usaha yang Windah Basudara lakuakan itu sangat sungguh - sungguh sehingga ia bisa mencapai titik di tersebut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H