Mohon tunggu...
geraldi gemilang
geraldi gemilang Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

ingin menjadi jurnalis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengalaman pada Mata Kuliah Berita dan Penulisan Kreatif

11 Juni 2024   23:31 Diperbarui: 11 Juni 2024   23:39 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Selama saya mengikuti mata kuliah Penulisan Berita dan Penulisan Kreatif saya mendapatkan pengalaman yang sangat berharga. Di mata kuliah ini saya mempelajari banyak hal seperti teknik penulisan berita yang benar, penggunaan bahasa yang baik dan sebagainya yang merupakan wawasan yang baru bagi saya. Bisa dibilang ini menjadi mata kuliah favorit saya karna di mata kuliah ini tidak melulu tentang teori tapi kebanyakan langsung terjun ke lapangan. Dosen pun memberi arahan yang sangat detail sehingga mahasiswa tidak kebingungan jika sudah ada di lapangan. Mata kuliah ini sangat membantu mahasiswa untuk memberikan pemahaman tentang menulis berita yang lebih dari hanya sekedar teori, tetapi kita sebagai mahasiswa harus menulis berita secara langsung terjun ke lapangan dengan menemui narasumber untuk diwawancarai lalu menyusunnya hingga menjadi naskah sampai menjadi berita lalu di publikasi.

Pengalaman yang sangat berharga yang saya dapatkan di mata kuliah Penulisan Berita dan Penulisan Kreatif adalah saya menjadi tahu bahwa sulitnya menyusun sebuah berita, bagaimana proses berita bisa terbentuk, mendapatkan relasi dari narasumber-narasumber yang pernah diwawancarai, mendapatkan ilmu dari berita yang kita liput, dan tantangan apa saja yang kita alami. Karena seringkali tidak berjalan sesuai tujuan seperti ditolak di media-media konvensial untuk publikasi berita yang kami buat, narasumber yang tidak ada waktu untuk di wawancarai dan lain-lain. Tapi hambatan-hambatan ini tidak membuat kami putus asa, saya dan kelompok saya selalu mencari celah untuk dilalui.

Untuk menulis berita, saya sarankan untuk latihan wawancara lebih dalam karena untuk menulis sebuah berita diperlukan kemampuan untuk mendapatkan sebuah informasi yang valid bukan hanya soal menulis dengan baik. Kemampuan ini menjadi ilmu berharga bagi orang-orang yang ingin terjun ke dalam dunia jurnalistik seperti jurnalis atau reporter.

Untuk keseluruhan, mata kuliah Penulisan Berita dan Penulisan Kreatif ini tidak hanya memberikan kita soal materi atau teori, tetapi kita sebagai mahasiswa diberikan pengalaman secara ril di lapangan sebagai jurnalis atau reporter, tentunya ini merupakan sebuah kesempatan bagi para mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja dan menjadi gambaran di dunia kerja nantinya. Kemampuan menulis berita kita mulai terbentuk dari tugas-tugas yang diberikan Pak Ikhsan selaku dosen kami menjadi ilmu berharga untuk kami kedepannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun