Mohon tunggu...
Georgina Leticia S.M
Georgina Leticia S.M Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Pariwisata Universitas Gadjah Mada

Saya memiliki ketertarikan tentang edukasi seputar pariwisata dan hospitalitas. Ketertarian saya terhadap edukasi ini didasari oleh minat saya dalam melakukan suatu perjalanan dan hal-hal yang mempengaruhi perjalanan saya.

Selanjutnya

Tutup

Trip

Eksplorasi Pantai Pandansari yang Masih Jarang Didatangi Wisatawan

14 Desember 2023   22:37 Diperbarui: 14 Desember 2023   23:37 131
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi : Pantai Pandansari

Pantai Pandansari merupakan sebuah tempat yang menawarkan pengalaman tak terlupakan yang mengundang untuk dijelajahi. Masih jarang orang yang datang ke pantai ini akan tetapi di dalamnya tersembunyi keindahan alam yang alami di antara pepohonan hijau dan deburan ombak yang menenangkan. Pecinta alam yang haus akan petualangan dan kedamaian di bawah langit terbuka akan sangat senang mendatangi pantai ini. 

Dokumentasi Pribadi : Sesaat sampai di Pantai
Dokumentasi Pribadi : Sesaat sampai di Pantai

Terletak di sebelah timur Pantai Goa Cemara, tepatnya berada di Wonoroto, Gadingsari, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Walau belum seterkenal pantai-pantai di sekitarnya, Pantai Pandansari memiliki pemandangan dan keindahan alam yang sama bagus dengan pantai-pantai lainnya. Perjalanan dari pusat kota Yogyakarta menuju pantai ini sekitar 45 menit dengan menggunakan motor. Akses menuju pantai ini juga dapat dikatakan cukup baik untuk dilewati berbagai jenis kendaraan.

Perjalanan saya tidak hanya dilakukan seorang diri saja, saya bersama teman-teman kuliah menginginkan konsep wisata alam yang sunyi dan indah sehingga pantai ini sangat cocok untuk kami datangi. Sesaatnya saya hampir sampai ke Pantai Pandansari, munculah suatu atraksi wisata yang iconic dalam pantai ini yaitu adanya mercusuar. Mercusuar ini dibangun pada tahun 1996 dengan tujuan pembangunan sebagai rambu atau tanda kapal yang berlayar di malam hari. Dengan adanya mercusuar ini, wisatawan yang ingin datang ke Pantai Pandansari dapat mengetahui keberadaannya sudah dekat dengan lokasi pantai.

Setelah sampai di pantai pada sore hari, suasana di sekitar pantai sangat asri dan teduh. Banyaknya pepohonan cemara membuat saya takjub dengan kesunyian dan keindahannya. Saya melihat sekeliling dan memang hanya rombongan saya saja yang ada. Jika ada pun hanya satu atau dua orang yang numpang lewat. Hal ini menandakan pantai ini belum dikenal oleh banyak wisataw

 Dokumentasi Pribadi : Gambaran Disekitaran Pantai
 Dokumentasi Pribadi : Gambaran Disekitaran Pantai

Dengan spot dan keindahannya, saya dan teman-teman memutuskan untuk melakukan camping di pantai ini dengan peletakan tenda di sekitar pepohonan hijau. Setelah selesai membangun tenda, saya akhirnya siap untuk menikmati indahnya pantai di sore hari. Kicauan burung erta derasnya hamparan ombak benar-benar membuat saya terpukau. Ditambah pesona senja yang menambah kecantikan pesona alam ini sangat tidak bisa dihindari. 

Semakin malam, suhu semakin turun. Saya kembali ke tenda dan mempersiapkan beberapa uang untuk membeli makanan di warung dekat pantai. Ibu penjual baik dan kami berbincang sedikit tentang perkemahan di Pantai Pandansari. Beliau berkata bahwa pantai ini memang belum didatangi wisatawan sebanyak pantai-pantai lain akan tetapi pantai ini mulai dikenal perlahan akibat adanya video media sosial yang viral. 

Dokumentasi Pribadi : Suasana senja 
Dokumentasi Pribadi : Suasana senja 
Dokumentasi Pribadi : Suasana sekitar tenda 
Dokumentasi Pribadi : Suasana sekitar tenda 

Pantai Pandansari sangat cocok dikunjungi serta dinikmati bagi wisatawan yang mencari kedamaian dan keindahan pantai. Pesona pantai tidak hanya berasal dari air saja akan tetapi juga lingkungan disekitarnya. Spot-spot foto yang menarik dengan latar belakang pantai maupun pepohonan hijau dapat dirasakan bagi pengunjung. Spot bersantai dan healing dengan menyaksikan matahari terbit dan tenggelam akan dirasakan wisatawan yang berkunjung ke pantai ini

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun