Mohon tunggu...
George Meikal
George Meikal Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

saya adalah orang yang simpel, tp kritis terhadap smua permslahan apalgi jika diberlkukan tidak adil

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Kebijakan Indihome Terkesan Tidak Adil

18 November 2024   19:00 Diperbarui: 18 November 2024   19:21 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Selamat Malam. Saya George Meikal dengan Id Pelanggan 17231180068* merupakan pelanggan Indihome di wilayah Sulawesi Utara. Saya sudah megguanakan Indihome di Tahun Ke-2 terhitung bulan November 2024. Terhitung Bulan Oktober 2024 Kalau Tidak salah,  banyak Pelanggan yang merasa kaget dengan pemberitahuan saat melakukan pembayaran bahwa tagihan pembayaran rata- rata naik Rp. 5000. Mungkin hal ini diangap tak seberapa bagi beberapa pelanggan tapi tidak untuk Saya. 

Sayapun tanggal 15 November 2024  meminta penjelasan mengenai kenaikan biaya layanan tersebut kepada Layanan Pelanggan Indihome 188. Alanglah kagetanya saya , berdasakan penjelasan dari CS, alasan kenaikan tarif tidak berdasar dan tidak adil bagi saya. berdasarkan tiga orang CS 188 yang saya hubungi, mereka meberikan penjelasan yang sama bahwa Kenaikan biaya Rp. 5000, merupakan kebijakan untuk menghilangkan biaya denda keterlambatan pembayaran sebesar 5% kalau tidak salah, jika pelanggan Indihome terlambat melakukan pembayaran Tagihan di atas tagggal 21 setiap bulan berjalan.

Hal ini dipandang sangat tidak adil karena tidak memihak bagi pelanggan yang disipilin mebayar dengan  melakukan pembayaran dibawah taggal 20 setiap bulan berjalan dengan mengambil kebijakan menyamaratakan dengan pelanggan yang menunggak. Pengenaan denda bagi pelanggan yang terlambat melakukan pembayaran merupakan hal yang wajar dan bentuk koskwensi karena tidak menjalankan kewajiban tepat waktu. 

Bagi kami pelanggan yang tepat waktu melakukan pembayaran dikenakan biaya Rp.5000 itu merupakan sesuatu yang menampar seolah-olah kami selama ini disamakan dengan yang melakukan pembayaran terlambat. untuk kenaikan tarif penyesuaian atas alasan penghilangan denda tagihan dengan menggantikan dengan biaya tabahan Rp.5000 yang diterapkan bagi semua pelanggan adalah alasan yang tidak masuk akal. Saya menunggu etikat baik dari pihak Indihome mengenai alsan yang merugikan kami sebagian pelanggan.

Ini bukan soal Nominal yang dinaikan itu berapa, tapi bagaiman kalian membuat alasan untuk menaikan tarif jasa internet dengan alasan yang tidak menghargai pelanggan lain. Sejak artikel ini dibuat belum ada konfirmasi resmi dari pihak Indihome mengenai alasan diatas. 

saya meunggu konfirmasi resmi dari pihak Indihome. Saya Percaya bahwa Indihome menghormati  setiap pelanggan dan terbuka terhadap  kritk.  Artikel ini tidak bermaksud untuk menyudutkan  pihak lain. tapi sebagai bahan evaluasi bagi pemangku kebijakan untuk lebih berhati- hati dalam mengambil kebijakan dan memberikan alasan yang tepat serta adil bagi semua pelanggan. 

Dari pemaparan diatas, para pembaca bisa mengambil keputusan mengenai layanan mana yang bisa diambil kedepan demi adanya kesetaraan  antara hak yang diperoleh dengan kewajban yang harus dijalankan. baik dari segi penyedia Layanan maupun konsumen.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun