Mohon tunggu...
Gendhis Kayana
Gendhis Kayana Mohon Tunggu... Lainnya - Alam, kopi, buku, budaya, kiddos

Bersyukur untuk setiap anugerah Mu

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Ketoprak

29 Desember 2022   00:10 Diperbarui: 29 Desember 2022   00:18 618
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apa yang terbayang di benak kita saat membaca kata "ketoprak" ? Jujur, saya langsung teringat salah satu jenis kesenian daerah yang dulu saat saya kecil hingga remaja menjadi salah satu tontonan favorite saya di televisi...pun... di radio...  

Tetapi...ternyata, setelah saya dewasa, dan kemudian  kuliah di Jakarta, ternyata "ketoprak" di Jakarta adalah, salah satu jenis makanan khas Betawi.

Tukang ketoprak pertama dan yang ter - favorite adalah yang biasa mangkal dengan gerobaknya setiap sebelum maghrib hingga malam hari, di dekat kost putri tempat saya dulu menumpang selama kuliah, di daerah Benhil, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

Selalu laris dan mengantri, pelanggannya banyak, hampir semua anak kost yang tinggal di daerah itu menjadi pelanggannya. Abang yang menjual ketoprak ini sangat supel, kenal hampir semua pelanggannya, sambil tangannya sibuk menyiapkan ketoprak pesanan kami, dia bisa mengobrol kesana kemari, mulai dari topik pertandingan sepakbola, sampai topik orang dandan dari jam empat pagi untuk mendapatkan kualitas tatanan rambut dan make up yang bagus....woww...

Pagi ini saya mengisi liburan dengan jadwal jalan pagi yang terbengkalai beberapa bulan belakangan ini. Hujan gerimis membuat saya baru bisa berangkat dari rumah jam 08.30 wib, wah siang banget yaaa...tapi nggak berasa banget kalau kesiangan, secara cuaca cenderung berawan, teduh, sejuk.

Tak jauh dari rumah, saya mampir ke penjual kue langganan saya untuk membeli beberapa potong jajanan pasar untuk teman saya yang akan saya kunjungi sekalian dalam rute jalan pagi kali ini.

Baru beberapa langkah, mata  saya menemukan tulisan "Ketoprak Jang Aldi". 

Wahhh...udah lama banget nggak makan ketoprak, terakhir kayaknya delapan bulan yang lalu.

Waduh... langsung kepengen...padahal tadi pagi jam enam, saya sudah sarapan. Bagaimana ini...? 

Saya akhirnya memutuskan untuk mampir, tidak apalah, sesekali mengikuti kata hati.

"Ibuuu...mau ketopraknya ya ... gerobaknya baru ya Buuu..."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun