Mohon tunggu...
Gemma Deo Pangestu
Gemma Deo Pangestu Mohon Tunggu... Guru - Guru

Man Jadda Wa Jadda

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan XIV

29 Juni 2023   20:02 Diperbarui: 29 Juni 2023   20:07 411
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jurnal refleksi dwi mingguan merupakan salah satu tugas yang harus dibuat oleh Calon Guru Penggerak (CGP) pada pendidikan guru penggerak. Jurnal refleksi dwi mingguan adalah sebuah tulisan tentang refleksi diri setelah mengikuti sebuah kegiatan pelatihan (upgrading skill) yang ditulis secara rutin setiap dua mingguan yang wajib dilakukan oleh para CGP. Pada bagian ini, sebagai CGP saya akan merefleksikan seluruh rangkaian kegiatan selama persiapan lokakarya 7 dan panen karya, dengan model refleksi 4F (Fact, Feeling, Findings, Future) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway.

  • Fact (Peristiwa)

Setelah mempelajari seluruh pakel modul dalam program Pendidikan Guru Penggerak (PGP), selanjutnya saya melakukan persiapan jelang lokakarya 7 dan panen karya. Agenda pada kegiatan ini adalah mengumpulkan semua portofolio aksi nyata modul 1 tentang paradigma dan visi guru penggerak, modul 2 tentang praktik pembelajaran yang berpihak pada murid, dan modul 3 tentang pemimpin pembelajaran dalam pengembangan sekolah. Dari seluruh rangkaian kegiatan selama 2 minggu ini, momen yang paling penting adalah saya dapat mengadministrasikan portofolio aksi nyata dengan menggunakan bahan bekas yang tersedia sebagai bahan panen karya.

Setelah mempelajari seluruh modul dalam program PGP ini, pemahaman saya semakin mendalam baik tentang paradigma dan visi guru penggerak, praktik pembelajaran yang berpihak pada murid, dan pemimpin pembelajaran dalam pengembangan sekolah. Harapannya serangkaian kegiatan selama 2 minggu ini dapat menyelesaikan dengan baik bahan persiapan panen karya yang akan dilaksanakan tanggal 8 Juli 2023 di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu.

Gambar 1 Portofolio Aksi Nyata

(Sumber: Dokumentasi Pribadi)


  • Feeling (Perasaan)

Selama aktivitas dalam 2 minggu ini, saya merasa khawatir tidak dapat mengadministrasikan bahan portofolio aksi nyata sesuai alokasi waktu yang sudah dirancang, sebab di saat bersamaan saya bertugas sebagai Admin Kabupaten Kapuas Hulu dalam agenda PPDB SMA/SMK Se-Kalimantan Barat yang dinaungi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat, sekaligus sebagai proktor PPDB SMA Negeri 2 Putussibau. Tentu semua terasa bercampur aduk, serta tetap berusaha memanajemen waktu dengan baik dan tekad yang kuat untuk dapat mengadministrasikan bahan portofolio aksi nyata dengan baik.

Dari pembelajaran dalam program PGP ini, saya merasa semakin terkuatkan dan terlatih terutama dalam memanajemen waktu dengan membuat catatan pribadi sebagai alarm agenda harian. Dari momen tersebut, saya merasa tergerak untuk memperbaiki diri agar dapat memanajemen waktu dengan baik. Di sisi lain, saya juga merasa tercerahkan dan termotivasi untuk terus menjadi bagian dari transformasi pendidikan, mulai tergerak, bergerak, dan menggerakkan komunitas praktisi khususnya di SMA Negeri 2 Putussibau.

  • Findings (Pembelajaran)

Dari pembelajaran selama 2 minggu ini, saya mendapat ilmu untuk terus meningkatkan kompetensi dan melatih disiplin waktu. Sebelum mengikuti program PGP ini, saya berpikir bahwa disiplin terhadap waktu berkaitan dengan kepribadian diri. Dari pembelajaran program PGP ini, saya merefleksi diri dan terus melatih keterampilan baik sebagai pemimpin dalam pengelolaan program yang berdampak positif pada murid, maupun sebagai pribadi yang menghargai waktu dengan baik. Selain itu, pada aktivitas program PGP ini, saya tersadarkan, terkuatkan, dan optimis untuk menjalankan visi guru penggerak dengan motto “Tergerak, Bergerak, Menggerakkan”.

  • Future (Penerapan)

Dari seluruh pembelajaran program PGP ini, saya termotivasi untuk menjadi bagian dari perubahan dan mencoba mulai dari diri sendiri untuk melakukan hal terbaik dalam mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid dan kepemimpinan murid. Pada aktivitas pembelajaran seluruh modul PGP ini, saya termotivasi dan berkomitmen untuk menggerakkan komunitas praktisi di SMA Negeri 2 Putussibau.

Sekian pemaparan saya dalam jurnal refleksi dwi mingguan ini pada program pendidikan guru penggerak angkatan 7.

Salam Guru Penggerak

Guru Bergerak, Indonesia Maju

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun