Mohon tunggu...
gema maulida
gema maulida Mohon Tunggu... Mahasiswa - Baru menulis

Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mahasiswi UNTAG Surabaya Terapkan Digital Marketing Via Media Sosial pada UMKM

1 Januari 2022   15:35 Diperbarui: 5 Januari 2022   21:19 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Di era modern saat ini, teknologi berkembang sangat pesat mengikuti zaman. Tak dipungkiri ekonomi juga mengikuti aliran perkembangan zaman saat ini. Digital Marketing menjadi salah satu bukti berkembangnya teknologi ekonomi saat ini. 

Digitalisasi marketing merupakan sebuah inovasi baru dalam sistem pemasaran/bisnis. Sosial media menjadi salah satu platform yang dapat menjadi jembatan ketertarikan antara pembeli dan penjual. 

Dalam kegiatan KKN individu yang diselenggarakan Universitas 17 Agustus ’45 Surabaya, mahasiswi Ilmu Komunikasi bernama Gema Maulida melakukan pelatihan dan pendampingan tentang strategi digital marketing kepada salah satu UMKM bernama Donna Cookies. Kegiatan ini dibimbing oleh bapak Maulana Arief, S.Sos., M.I.Kom selaku dosen pembimbing lapangan kegiatan KKN.

UMKM ini telah berdiri sejak tahun 2015 yang berada di kota Samarinda, Kalimantan Timur. Awalnya, bu Donna, pemilik UMKM ini menjual dagangannya melalui perantara mulut  keluarga dan kerabat saja. 

“Iya mba, dari mulut ke mulut karena belum tau media sosial” ujar nya. Selama 12 hari, Gema melakukan pelatihan dengan menjelaskan beberapa unsur digital marketing yang digunakan untuk berbisnis. Bagaimana mengoptimalkan penjualan melalui internet, promosi yang tepat untuk meningkatkan penjualan, dan cara membuat serta mengoperasikan media sosial Instagram untuk bisnisnya. 

Selain itu, Gema juga membantu mendaftarkan UMKM ini untuk mendapatkan izin PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga). Produk akan mendapatkan izin pangan dari Dinas Kesehatan. Hal ini berfungsi sebagai izin edar suatu produk pangan di pasaran. 

Dari membuat logo produk, foto produk, dan membuat konten untuk Instagram, mitra sangat antusias memahami nya. Dari 12 hari kegiatan tersebut, mitra dapat mengoperasikan hasil dari pelatihan dan pendampingan tersebut dan siap untuk memasarkan dagangannya di media sosial.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun