Mohon tunggu...
Gede Udiastama M
Gede Udiastama M Mohon Tunggu... Pegawai Hotel -

Pria yang menyukai kata kata: tiada hari tanpa belajar, semua orang adalah guru, semua tempat adalah ruang kelas. Bekerja sebagai Learning & Development Manager di sebuah hotel bintang lima di Bali

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kenali Karakter Orang Lain dengan DISC Agar Cepat Nyambung

28 Mei 2016   15:49 Diperbarui: 29 Mei 2016   11:16 6689
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto: Actioncoachofelmgrove.com

Pernah tidak kamu merasa langsung cocok dengan seseorang, padahal baru kenal? Pasti pernah. Namun ada kalanya justru dengan orang yang sudah lama dikenal, kita malah tidak pernah bisa nyambung.  Memang sudah takdirnya kita terlahir dengan karakter yang berbeda-beda. Ketika karakternya mirip, biasanya akan cepat nyambung. Jika bertolak belakang, kita akan merasa kurang cocok. Tapi tentu saja ada cara untuk membuat orang lain nyaman dan nyambung dengan kita meskipun memiliki karakter yang berbeda. DISC, yang diperkenalkan oleh William Marston, menjelaskan mengenai 4 karakter manusia yang terdiri dari Dominance, Influence, Steadiness dan Compliance. Memahami teori ini akan membantu kita mengenali prilaku seseorang, apa yang mereka sukai, dan sejauh mana zona nyamannya. Sebenarnya hanya satu kuncinya untuk lebih nyambung dengan orang lain yaitu adaptasi. Menyesuaikan sikap akan membuat orang lain merasa nyaman. Rasa nyaman inilah yang akan membantu terciptanya rasa "klik" dan akhirnya nyambung.  Adaptasi mesti dilakukan saat berkomunikasi. Harus ada penyesuaian dalam hal penggunaan kata-kata, bahasa tubuh dan sikap. Keempat karakter disc memiliki preferencedan zona nyaman yang berbeda beda. Jika kita mampu masuk ke zona nyaman mereka, saat itulah mereka akan merasa klik dengan kita.  Untuk menentukan apakah karakter seseorang apakah dia dominance, influence, steadiness atau compliance, perlu dinilai: 

  1. Apakah dia outgoing (banyak bicara, cenderung cepat, aktif) atau reserved (diam, lebih hati-hati, pasif)?
  2. Apakah orang tersebut resultoriented (mementingkan hasil, dingin, kaku) atau peopleoriented (mementingkan perasaan orang, hangat, fleksibel)

 Kombinasi dari dua pertanyaan itu akan membentuk empat karakter umum seseorang. Dominance (outgoing - resultoriented)Dominance adalah tipe orang yang cepat mengambil keputusan, suka memimpin dan tantangan. Untuk tipe ini, kita mesti menggunakan kata-kata yang to the point. Orang dominance tidak suka bertele-tele. Berbicara dengan mereka mesti langsung ke pokok pembicaraan.  Ketika berhadapan dengan orang dominance, bahasa tubuh kita mesti tegas, tidak mencla mencle atau cengengesan. Wajah mesti terlihat cool atau sedikit ekspresi. Dalam hal prilaku, untuk membuatnya senang dan nyaman, orang dominance mesti diberi kesempatan untuk memimpin. Dia akan sangat senang jika terlihat lebih menonjol dari yang lain.  Influence (outgoing - people oriented)Orang influence adalah tipe yang suka popularitas. Mereka juga orang yang ekpresif dalam pergaulan. Orang influence akan senang mendengar pujian begitu juga dengan kata-kata yang gaul dan bersahabat.  Agar cepat nyambung dan klik, wajah kita mesti ekspresif saat berinteraksi. Mereka akan nyaman jika banyak body contact misalnya salaman atau cipika-cipiki. Jadilah pribadi yang banyak mendengar jika bersama orang influence karena mereka cenderung banyak berbicara. Dengan begini, mereka akan cepat merasa klik dengan kita. Steadiness (reserve - people oriented)Tipe ini adalah orang yang kalem, cenderung pendiam dan suka kebersamaan. Bertolak belakang dengan orang dominance, orang steadiness justru nyaman jika diajak basa-basi. Kata-kata kita mesti yang lebih sopan dan tidak berlebihan. Tipe orang steadiness akan suka dengan bahasa tubuh yang santai dan tenang. Jika berjabat tangan, pelan saja, jangan terlalu erat. Agar mereka nyaman, kita mesti bersikap biasa-biasa saja, tidak lebay, tidak norak, yang kalem-kalem saja. Compliance (reserve - result oriented) Ini adalah orang yang tipenya suka menganalisa, detail dan taat aturan. Berbicara dengan mereka mesti dengan kata-kata yang jujur, apa adanya. Jangan sampai ada kebohongan yang berhasil mereka analisa.  Hindari body contact dengan orang Compliance. Mereka akan risih jika diajak cipika-cipiki atau sentuhan badan selain jabat tangan. Memuji pekerjaannya adalah cara yang baik untuk membuatnya nyaman dengan kita. Menepati janji dan menunjukkan komitment juga tidak kalah penting. Sebenarnya DISC paling cocok digunakan pada lingkungan kerja. Namun, dalam kehidupan sehari-hari pun bisa diaplikasikan. Memahami teori ini akan membantu kita untuk beradaptasi terhadap karakter DISC yang berbeda-beda. Sekali lagi, kuncinya adalah adaptasi. Ketika penyesuaian terhadap kata-kata, bahasa tubuh dan sikap berhasil membuat orang lain nyaman, saat itu pula akan tercipta rasa klik dan nyambung dengan orang lain. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun