Mohon tunggu...
Info Pengabdi Masyarakat
Info Pengabdi Masyarakat Mohon Tunggu... Dosen - profil

Menuliskan berbagai kegiatan Pengabdian kepada masyarakat berbasis teknologi, yang dapat memberikan kontribusi ilmu pengetahuan dan kebermanfaatan pada ruang lingkup masyarakat luas.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Civitas INSTIKI Ciptakan Media Interaktif Pembelajaran Matematika bagi Anak SD

29 Agustus 2023   19:18 Diperbarui: 29 Agustus 2023   19:26 123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Media Interaktif Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar - Dok. pribadi

Perkembangan teknologi informasi pada berbagai bidang telah mendorong adanya inovasi kreatif khususnya dalam mendukung pembelajaran di sekolah, media pembelajaran menjadi alternatif yang dapat menjadi solusi dalam memudahkan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. terdapat beberapa media yang bisa digunakan sebagai bahan media ajar dalam kegiatan belajar mengajar serta meningkatkan minat siswa dalam menyimak materi pelajaran, media tersebut salah satunya multimedia interaktif yang dimana media ini dapat dikemas kedalam sebuah media informasi yang memuat beberapa konten serta audio visual sebagai media bahan ajar.

Pada SDN 4 BATUAGUNG mengalami kendala dalam pemanfaatan teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran terhadap siswa, yang berakibat nilai siswa cenderung rendah serta kesulitan yang dialami siswa dalam memahami pembelajaran matematika.  Bekerja sama dengan Mitra yaitu SDN 4 BATUAGUNG, Jembrana Bali, maka tim Dosen INSTIKI yaitu Rizkita Ayu Mutiarani, S.Sn., M.Sn. ,I Putu Susila Handika, S.Kom., M.T., Indra Pratistha, S.Kom., M.Cs., Dwi Novitasari, S.Sn., M.Sn.  serta mahasiswa yaitu I Putu Agus Wibawa, menciptakan solusi dari permasalahan mitra dengan menciptakan multimedia interaktif pembelajaran matematika bagi anak kelas 2 Sekolah Dasar. Pada kesempatan ini dilakukan pembangunan dan pendampingan penggunaan aplikasi multimedia interaktif pembelajaran matematika, yang dilaksanakan sebagai Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Skema INSTIKI Community Service (ICS).

Dalam melaksanakan PKM ini ada beberapa tahap yang harus dilakukan mulai dari koordinasi awal dengan mitra terkait kebutuhan aplikasi, melakukan survey kepada siswa sampai pada pembangunan aplikasi agar tujuan yang diingikan tercapai yaitu terwujudnya Media Pembelajaran Matematika Perkalian dan Pembagian Berbasis Multimedia Interaktif untuk menikkan nilai siswa kelas II SN 4 BATUAGUNG.

Gambar 2. Kegiatan PKM pendampingan Penggunaan Aplikasi Multimedia Interaktif - Dok. pribadi
Gambar 2. Kegiatan PKM pendampingan Penggunaan Aplikasi Multimedia Interaktif - Dok. pribadi

Hasil kegiatan PKM ini dapat memberikan manfaat bagi siswa yang ditunjukkan dari aplikasi Multimedia interaktif ini memiliki tingkat kebermanfaatan media yang tinggi, hal ini dapat dilihat dari nilai N-Gain G>0,7 yang dimana nilai N-Gain yang diperoleh pada pengujian ini adalah rata – rata lebih dari G>0,7. Maka dari itu multimedia interaktif mengenai matematika perkalian dan pembagian untuk SD kelas II ini memiliki tingkat kebermanfaatan yang tinggi, serta mendapatkan tanggapan yang sangat baik, baik dari ahli media, guru kelas sebagai ahli materi, maupun siswa kelas II SDN 4 BATUAGUNG, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun