Perkembangan teknologi informasi pada berbagai bidang telah mendorong adanya inovasi kreatif khususnya dalam mendukung pembelajaran di sekolah, media pembelajaran menjadi alternatif yang dapat menjadi solusi dalam memudahkan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. terdapat beberapa media yang bisa digunakan sebagai bahan media ajar dalam kegiatan belajar mengajar serta meningkatkan minat siswa dalam menyimak materi pelajaran, media tersebut salah satunya multimedia interaktif yang dimana media ini dapat dikemas kedalam sebuah media informasi yang memuat beberapa konten serta audio visual sebagai media bahan ajar.
Pada SDN 4 BATUAGUNG mengalami kendala dalam pemanfaatan teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran terhadap siswa, yang berakibat nilai siswa cenderung rendah serta kesulitan yang dialami siswa dalam memahami pembelajaran matematika. Â Bekerja sama dengan Mitra yaitu SDN 4 BATUAGUNG, Jembrana Bali, maka tim Dosen INSTIKI yaitu Rizkita Ayu Mutiarani, S.Sn., M.Sn. ,I Putu Susila Handika, S.Kom., M.T., Indra Pratistha, S.Kom., M.Cs., Dwi Novitasari, S.Sn., M.Sn. Â serta mahasiswa yaitu I Putu Agus Wibawa, menciptakan solusi dari permasalahan mitra dengan menciptakan multimedia interaktif pembelajaran matematika bagi anak kelas 2 Sekolah Dasar. Pada kesempatan ini dilakukan pembangunan dan pendampingan penggunaan aplikasi multimedia interaktif pembelajaran matematika, yang dilaksanakan sebagai Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Skema INSTIKI Community Service (ICS).
Dalam melaksanakan PKM ini ada beberapa tahap yang harus dilakukan mulai dari koordinasi awal dengan mitra terkait kebutuhan aplikasi, melakukan survey kepada siswa sampai pada pembangunan aplikasi agar tujuan yang diingikan tercapai yaitu terwujudnya Media Pembelajaran Matematika Perkalian dan Pembagian Berbasis Multimedia Interaktif untuk menikkan nilai siswa kelas II SN 4 BATUAGUNG.
Hasil kegiatan PKM ini dapat memberikan manfaat bagi siswa yang ditunjukkan dari aplikasi Multimedia interaktif ini memiliki tingkat kebermanfaatan media yang tinggi, hal ini dapat dilihat dari nilai N-Gain G>0,7 yang dimana nilai N-Gain yang diperoleh pada pengujian ini adalah rata – rata lebih dari G>0,7. Maka dari itu multimedia interaktif mengenai matematika perkalian dan pembagian untuk SD kelas II ini memiliki tingkat kebermanfaatan yang tinggi, serta mendapatkan tanggapan yang sangat baik, baik dari ahli media, guru kelas sebagai ahli materi, maupun siswa kelas II SDN 4 BATUAGUNG, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H