1. Pendahuluan
Etnomatematika adalah hubungan antara matematika dan budaya. Oleh karena itu, matematikawan menggunakan istilah ethnomathematics, yang merupakan studi tentang hubungan antara budaya dan matematika. Indonesia memiliki keragaman bahasa, ras, agama, budaya, suku, dan sumber daya alam.Â
Proses pembelajaran matematika yang dibutuhkan saat ini adalah pembelajaran  kontekstual dan realistis dengan menggunakan berbagai metode. Contoh budaya Indonesia adalah rumah adat Gadang di wilayah Sumatera Barat.Â
Dalam bahasa Rumah gadang atau  bahasa Indonesia, rumah besar lebih dari sekedar rumah  besar selain tempat  tinggal keluarga. Rumah Gadang merupakan simbol yang digunakan oleh masyarakat Minangkabau untuk berhubungan dengan masyarakat sekitar. Rumah adat Minangkabau ini memiliki ciri khas yang membedakannya dengan rumah adat  lainnya  pada  atapnya yang  ke atas.Â
Dalam penelitian ini, kami mengkaji aktivitas matematis terkait aktivitas desain tradisional keluarga Gadang dan aktivitas membuat pola pahatan pada motif pahatan pada dinding keluarga Gadang. Dalam hal ini, melihat etnomatematika kegiatan dasar uskup di rumah adat Gadang Minangkabau.
2. Metode
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif. Penelitian eksploratif adalah penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki secara menyeluruh sebab-sebab dan hal-hal yang mempengaruhi terjadinya sesuatu.Â
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan etnografi, atau pendekatan, yang bertujuan untuk mempelajari dan memperoleh gambaran kelompok budaya dan analisis rinci berdasarkan penelitian lapangan yang intensif selama periode waktu tertentu.Â
Penelitian dimulai dengan  survei fasilitas penelitian, perakitan peralatan penelitian, keputusan perencanaan penelitian, dan pelaksanaan proses  penelitian dengan menyediakan peralatan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara (kuesioner), observasi dan dokumentasi terhadap bentuk rumah gadang dan motif pahatan rumah gadang.Â
Pada dasarnya data yang  dianalisis dalam penelitian ini didasarkan pada hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang menunjukkan bagaimana budaya Minangkabau mengandung unsur matematika.
3. Hasil dan Pembahasan