Mohon tunggu...
Gde Aditya Widyatama
Gde Aditya Widyatama Mohon Tunggu... Penulis - Kalo bubur gak diaduk gak mau makan.

Writing adalah jalan ninjaku.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Sharing Pengalaman: Dilema Mencari Apartemen di Jakarta

14 Juni 2019   11:01 Diperbarui: 14 Juni 2019   12:51 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman terkait mencari apartemen di Jakarta, yang menurut saya merupakan hal yang cukup sulit dilakukan. Saya sendiri merasa kesulitan karena saya merasa takut akan mengulang pengalaman yang sama saat kuliah dulu.

Saya kuliah di salah satu universitas negeri ternama di Jogja. Berasal dari Bekasi dan tidak pernah pergi ke Jogja sebelumnya ataupun memiliki sanak keluarga di sana membuat saya kebingungan mencari tempat tinggal selama masa kuliah. Singkat cerita akhirnya saya mendapatkan kos-kosan setelah berkeliling cukup jauh, dan kos saya ini sangat tidak nyaman.

Pengalaman ini yang membuat saya lebih berhati-hati lagi dalam mencari hunian yang nyaman. Lulus kuliah, saya diterima kerja oleh salah satu perusahaan yang bermarkas di daerah Cengkareng, Jakarta Barat. Saya yang pada saat itu sudah kembali berada di Bekasi pun kembali parno, takut pengalaman buruk mencari hunian ketika di Jogja terulang lagi.

Tidak ingin mengulang pengalaman tersebut, saya mulai mencoba menanyakan terkait hunian di daerah tersebut ke teman-teman atau kolega saya yang sudah lebih dulu bekerja, terutama di kawasan Cengkareng. Pada saat itu saya memiliki mindset untuk mencari kos di daerah sana, namun salah satu teman saya berhasil meyakinkan saya untuk mencari apartemen.

Apartemen memang bersifat lebih layak dibandingkan kos-kosan. Bagi orang-orang yang sudah bekerja dengan penghasilan yang cukup, saya rasa apartemen adalah pilihan hunian sementara yang lebih tepat dibandingkan kos-kosan. Selain menawarkan hunian yang lebih layak, apartemen juga menyediakan fasilitas-fasilitas tambahan seperti kolam renang atau taman yang dapat penghuni gunakan.

Saya akhirnya menanyakan teman-teman saya di Jakarta Barat yang sudah tinggal di apartemen selama bekerja di sana. Mereka semua merekomendasikan satu hal yang sama, yakni apartemen di mana mereka tinggal. Walaupun rekomendasikan oleh teman sendiri, saya masih kurang yakin karena pengalaman buruk yang pernah saya alami.

Sebagai kota metropolitan, Jakarta memang menawarkan banyak sekali pilihan apartemen. Hal ini yang membuat saya semakin bingung, karena referensi sangat beragam. Ketika mencari ulasan-ulasan terkait suatu apartemen di internet pun saya merasa masih kurang meyakinkan. Saya harus melihat secara langsung untuk mengetahui keadaan sebenarnya.

Dari niat saya untuk melihat keadaan secara langsung, saya menemukan satu kendala yang cukup membebani, yakni jarak Bekasi-Jakarta Barat yang cukup jauh. Belum lagi ditambah dengan kemacetan kota Jakarta dan biaya lebih yang harus dikeluarkan untuk menempuh jarak jauh. Dengan waktu yang terus mengejar, dalam beberapa minggu sudah aktif masuk kerja, saya memutuskan untuk mencari via online saja.

Setelah mencari di internet, saya menemukan satu situs menarik bernama Jendela360. Situs ini menyajikan informasi apartemen secara lengkap dan terperinci. Sebagai individu yang cukup kritis dan agak picky, saya merasa terpuaskan dengan segala informasi yang disediakan oleh situs ini.

Di situs ini saya bisa melihat unit apartemen dengan teknologi kamera 360. Melalui fitur ini, saya merasa sedang berada di apartemen yang saya inginkan, sehingga unit terlihat secara menyeluruh, tidak hanya beberapa sudut saja.

Setelah cukup lama memilih apartemen-apartemen di situs tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk memilih apartemen Puri Orchard sebagai hunian saya. Selain berjarak dekat dengan lokasi kantor saya, fasilitas yang lengkap serta akses menuju berbagai tempat di Jakarta juga dapat saya nikmati sebagai penghuni di apartemen ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun