Mohon tunggu...
Gauza Abdul Razak Sawali
Gauza Abdul Razak Sawali Mohon Tunggu... -

Mahasiswa Pendidikan sosiologi Universitas Mataram

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Evaluasi Pembelajaran Bukan Hanya Hasil Tapi Program,Proses Dan Hasil

12 April 2015   08:50 Diperbarui: 17 Juni 2015   08:13 906
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Untuk mengetahui maksimal atau tidak nya suatu peroses belajar mengajar dan bagai mana guru harus bertindak kedepan nya supaya menjadi lebih baik. Dalam halini guru harus melakukan sebuah evaluasi baik bagi diri nya sendiri maupun peserta didik nya, karena dalam hal ini guru sangat berperan penting dalam peroses pembelajaran sehingga guru harus berfikir ,sadar dan mengahayati apa saja kekurangan dan kelebiahan yang dia rasakan selama peroses pembelajaran. Dalam hal ini apakah guru sosiologi sudah mampu menyampaikan materi-materi pembelajaran dengan jelas sehinga mudah di pahami oleh siswa,apakah guru sosioogi sudah mampu menggunakan secara maksimal media dan metode yang sudah di sediakan seperti yang di minta oleh kurikulum , semua ini menjadi bahan kajian evaluasi bagi guru itu peribadi .

Bahan kajian evaluasi dari siswa dalam hal ini guru berusaha mencari dan mengumpulkan data-data, informasi tentang siswa-siswa yang akan di evaluasi , data-data yang di gunakan biasanya berbentuk seperti

1. bagai mana perilaku dan perilaku siswa sehari-hari dalam kegiatan pembelajaran?

2. bagaimana kemampuan siswa dalam memahami materi-materi yang di sampaikan ?

3. bagaiman kemam puan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas dan kewajiban nya sebagai siswa yang baik ?

4.hasil ujian tengah semester, MID dan sebagai nya

Setelah semua data-data informasi yang menyangkut obyek yang sedang di evaluasi sudah terkumpul ,guru dapat memberi sesuatu keputusan sesuai dengan tujuan evaluasi yang sedang di lakukan seperti :

1. Mendapatkan informasi yang akurat mengenai tingkat pencapain tujuan instruksional peserta didik sehingga dapat di upayakan tindak lanjutnya.

2. Mendeskripsikan kecakapan belajar mahasiswa

3. Mengetahui keberhasilan proses pendidikan dan pengajaran.

4. Menentukan tindak lanjut hasil penilaian
5. Memberikan pertanggung jawaban
.Semua keputusan sangat bergantung pada data-data yang sudah terkumpul.

Sehingga dengan adanya adanya hasil evaluasi ini menjadi cermin bagi guru untuk melihat letak kekurangan dan memperbaiki kekurangan tersebut sehingga ke depan nya guru menjadi lebih profesional. Dengan adanya evaluasi ini pula dapat di jadikan balikan ( feed back ) bagi guru, sehingga memperbaiki dan menyempurnakan perogram dan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Sering kita mendengar guru sering memberikan ulangan harian ,tugas-tugas rumah ujian tengah semester ,ujian akhir sekolah dan lain sebagainya istilah-istilah ini pada dasar nya merupakan bagian dari sistem evaluasi itu sendiri.

Sebenar nya masalah evaluasi ini menjadi duri dalam sistem pendidikan di indonesia , karena umum nya evaluasi yang dilakukan guru-guru adalah hasil belajar. Mungkin ini yang menjadi salah satu penyebab kegagalan pembelajaran di indonesia ,seharus nya evaluasi pendidikan mencakup evaluasi program,meng evaluasi proses dan mengevaluasi hasil. Jika evaulasi belajar berjalan seperti apa yang di rencanakan banyak sekali manfaat yang akan kita dapat kan seperti :


1. Mengetahui kemajuan, perkembangan, keberhasilan siswa.

Dengan adanya evaluasi ini guru mengetahui tingkat kemajuan ,perkembangan dan kebehasilan dari setiap siswa dari umum nya dari setiap semester.

2. Mengetahui tingkat keberhasilan program pengajaran.

Dengan adanya hasil evaluasi guru mengatahui program pengajaran yang di terapkan sudah maksimal dalam mengembangkan siswa menjadi lebih baik atau belum.

3. Keperluan bimbingan dan penyuluhan.

Dari hasil evaluasi guru dapat menyimpulkandan memberi keputusan kedepan nya mana siswa yang perlu bimbingan tambahan karena intelek tual nya kurang dan bimbingaan untuk siswa berprestasi miisalnya bimbingan tambahan untuk olimpiade .

4. Pengembangan perbaikan kurikulum.

Apakah dengan kurikulum yang sudah di terapkan dalam pendidikan di indonesia ini sudah mampu menghasilkan sumber daya manusia yang baik dari segi spritual maupun intelektual nya ,sehingga evaluasi pembelajaran bisa menjadi tolak ukur pembaruan kurikulum sehingga sumber daya manusia menjadi lebih baik lagi.

5.Untuk mendiagnosis kesulitan belajar siswa.

Dengan adanya data-data hasil evaluasi ini para guru tau tingkat kemampuan siswa apa saja keslitan-kesulitan siswa dalam peroses pembelajaran sehingga, guru tau bagai mana solusi untuk menyelesaikan kesulitan siswa sehingga kedepan nya siswa menjadi lebih baik lagi.

Karena begitu banyak manfaat di dalam peroses evaluasi di dalam setiap pembelajaran sehingga evaluasi ini sangat lah penting salah satu contoh saat guru sudah selesai memberikan materi guru mencoba memberikan test baik lisan maupun tulisan untuk mengetahui kemampuan pemahaman siswa terhadap materi-materi yang sudah di sampaikan.
Banyak sekali tujuan yang ingin di capai dalam

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun