Mohon tunggu...
Gatot Tri
Gatot Tri Mohon Tunggu... Administrasi - Swasta

life through a lens.. Saya menulis tentang tenis, arsitektur, worklife, sosial, dll termasuk musik dan film.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Ketika Cuitan Open BO Menumpang Trending Topic

13 April 2023   13:24 Diperbarui: 13 April 2023   13:28 602
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi wanita di media sosial. (sumber foto: Gerd Altmann / Pixabay)

Setiap membuka media sosial Twitter, saya selalu sempatkan menengok topik apa yang sedang trending. Dari situ saya menyimak berbagai konten lewat cuitan, tautan atau pun komentar berkaitan dengan topik atau tagar tertentu yang sedang trending tersebut.

Akan tetapi, selalu saja ada orang yang memanfaatkan tagar atau topik yang sedang trending itu untuk meraih keuntungan. Itu membuat saya kerap mengalami kesulitan menemukan cuitan atau konten penting yang relevan.

Ada marketplace affiliate dengan segala barang-barang yang ia promosikan, ada yang menawarkan layanan aplikasi berbayar murmer, layanan menghapus akun medsos, hingga... para wanita yang menawarkan "layanan spesial" alias open BO.  

Ya, ada banyak cuitan bernada open BO di platform media sosial berlogo burung biru itu. Saya perhatikan akun open BO ini seakan gercep satset watwet ketika ada topik tertentu yang sedang trending. Cuitan mereka juga kerap atau selalu dilampiri foto mereka dengan pose yang aduhai nan menggoda yang membuat jantung para kaum adam pasti degdeg syurrr.

Cuitan mereka biasanya mengandung nama sapaan, kata-kata yang menggoda, lalu sejumlah tagar atau topik yang trending yang sering diborong semuanya. Tak lupa mereka mencantumkan nomor telepon atau tautan ke laman lebih lanjut.

Sebenarnya mereka menggunggah cuitan secara random dengan menumpang tagar atau topik yang sedang populer. Bila Anda beruntung, Anda bisa menemukan cuitan-cuitan mereka di balik tagar atau topik tertentu yang sedang trending.

Open BO, apa sih artinya?

Istilah open BO sendiri sudah dikenal luas. Saking populernya istilah tersebut sampai diangkat menjadi web series yang dibintangi artis top Wulan Guritno.

Jujur ketika saya menulis tulisan ini, saya belum paham kepanjangan istilah open BO. Apa yang saya ketahui tentang open BO adalah seseorang yang sedang menawarkan "layanan spesial" kepada orang lain.

Setelah saya googling, open BO adalah singkatan dari open booking order, open booking online, atau open booking out (sumber: Tribun-Medan). Oalah baru tahu saya. Hehe..

Kalau dialihbahasakan, open BO mungkin sama maknanya dengan bispak alias bisa pakai. Tentu saja istilah itu cenderung bermakna negatif yang artinya selaras dengan open BO itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun