Mohon tunggu...
Gardena Salsabila
Gardena Salsabila Mohon Tunggu... Lainnya - tidak ada

BTS ARMY

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kita Butuh Sedikit Tantangan untuk Mengembangkan Diri

3 Juni 2022   03:07 Diperbarui: 3 Juni 2022   03:45 141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi

Hai-Hai Gimana Nih kabar kalian semua?

Semoga baik-baik aja ya!

Nggak kerasa nih udah uas aja,  nggak kersa udah jalan dua semester. Dan juga nggak kerasa udah 2 semester hampir satu tahun loh ketemu sama pak edi hehe. Mau nyeritain dikit nih awal perkenalan dengan beliau, semenjak ada covid di indonesia nih, kan lama banget tuh ya jarang interaksi sama orang jadinya kebawa sampe kuliah, apalagi aku  orangnya kurang bisa interaksi sama orang di online, lebih suka kenalan langsung, jadi agak susah  kenalan sama temen temen. Awal perkenalan dengan beliau melalui zoom meeting  pas ngomong-ngomong kelihatan jelas kalau beliau itu orangnya supel banget. Agak khawatir sih awalnya. Inget banget waktu semester satu waktu sudah tinggal di asrama, kok pas banget kelompok aku yang presentasi, offline juga ditambah lagi kelasnya digabung sama manajemen C. tapi gara-gara itu aku tau kalo ngomong depan umum tuh gak semenakutkan itu, yang penting jalanin aja, pokoknya kamu bisa meskipun pastinya banyak kekurangan, tapi kamu berhasil.

Saat semester satu beliau mengajar mata kuliah Pancasila tapi untuk semester duanya beliau mengajar mata kuliah kewarganegaraan.

 Nah berhubung tugas Dari awal semester satu sampai semester 2 tugasnya tetep sama nih, sama sama menulis artikel tapi ada yang bedanin yaitu kalo semester pertama kita menulis artikelnya disesuaikan dengan materi yang sudah diberiakan oleh pak Edi jadi kita dilatih untuk menulis opini diri kita sendiri tenteng materi tersebut dan untuk tugas semester duanya kita melakukan wawancara dan hasil wawancara tersebut harus dituangkan dalam bentuk artikel tentunya narasumbernya atau temanya sudah di tentukan oleh beliau.

Awal-awal artikel si pastinya kesusahan ya udah lama juga  jarang nulis, apalagi hasil artikel yang sudah kita buat tadi harus di upload di kompasiana, waktu osjur udah pernah tuh disuruh menulis artikel sama dipost di kompasiana jadi udah tau kalau kompasiana itu tingkat plagiarismenya kalau gak salah 20/25 % . jadi kalau melebihi jumlah tersebut artikel yang sudah dita upload tadi akan otomatis di hapus oleh pihak kompasiana. Jadi agak takut tuh apalagi gatau kenapa aku yang ngerasa tugas menulis itu susah banget padahal kata orang-oarang semua orang itu bisa menulis, padahal dari dulu udah ada dorongan dari tante kalo semua keponakanya harus bisa nulis, tapi gak tau kenapa aku gak bisa kaya kakak aku. Entah  aku juga ngerasa bingung harus mualai dari mana dulu buat nulis, tapi mungkin juga emang gara gara kurang membaca atau emang yang jarang nulis aja.

Tapi setelah setelah semester satu selesai, tugas artiel semester dua ini menurut aku lebih enak dalam kepenuliisannya karena beliau pak edi membebaskan untuk menulis menggunakan Bahasa yang tidak baku tidak apa yang memudahkan yang penting tidak menggunakan Bahasa yang kasar. Tapi disemester dua ini juga ada banyak banget lintangan, seperti kemarin saat wawancara di beberapa tempat beribadah agama lain. Pada saat di gereja saya mendapatkan wawasan yang lebih, dapat merasakan toleran si secara langsung, karena di daerah saya mayoritas penduduknya muslim. Setelah dari gereja kita mencari lokasi klenteng agak kesulitan karena kurangnya survei dari kita jadi kita pergi kesana jalan kaki darigereja ke klenteng kira kita lebih lah 1km. tidak hanya itu cuaca pada hari itu lumayan panas ditambah lagi ketika sudah smapi di klenteng, ternyara tidak diperbolehkan untuk masuk apabila tidak mebawa surat / proposal. Untungnya didalam sudah ada teman-teman yang membawa proposal jadi kami diperbolehkan untuk masuk. Tapi setelah pulang dari sana diberitahu diajak lagi sama temen-temen untuk mengambil brosur disana, jadi kita besoknya pergi kesana.

Saya juga sedikit terkenda pada saat mewawancara salah satu warga kurang mampu, disitu kami takut apabila pentanyaan yang kami berikan menyinggung beliau jadinya yang kami tanyakan hanya pertanyaan umum dan hanya beberpa pertanyaan saja, itu yang membuat saya kesusahan untuk mengembangkan tulisan saya karena apa yang kami tanyakan hanya sedikit. Ada juga tantangan saya saat mewawancarai tentang pemilu  dan demokrasi pertanyaan yang saya berikan kurang dijawab dengan terperinci, ada juga terkadang pertanyaan yang saya berikan dengan jawaban kurang sesuai, kadang malas saya juga mealas melakukan wawancara karena terkadang waktu saya lengang dan saat saya mau pergi wawancara cuacanya kurang bagus, ada juga kadang pelafalan narasumber yang kurang jelas yang membuat saya kesusahan saat ingin menuliskan artikel dan masih banyak lagi ya tentunya.

Tapi dibalik kesulitan tersebut banyak sekali ilmu- ilmu baru yang saya peroleh, saya dapat meningkatkan skil kepenulisan saya. meskipun sampai saat ini juga banyak sekali kesalahan dalam kepenulisan.  selain itu berkat tugas wawancara ini saya juga bisa lebih dekat dengan teman-teman, jadi sering keluar bareng sama temen kelas. meningkatkan kepedulian saya terhadap orang-orang yang kurang mampu. Dan mengajari saya untuk lebih bersyukur,Meningkatkan kepercayaan diri saya , dan memberanikan diri saya untuk berbicara di depan umum atau berbicara kepada orang-oarang yang baru dikenal, Mengajari saya jika ingin melakukan sesuatu setidaknya harus terencana agar tidak kesulitan di tengah jalan.

Jadi  terimakasi banyak untuk pak edi karena beliau sudah memberikan tugas seperti ini yang belum pernah saya lakukan dan rasakan sebelumnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun