[caption id="attachment_374911" align="aligncenter" width="567" caption="Buku yang saya pesan secara online dari salah satu toko buku di bilangan Sriwedari, Solo, sudah sampai dengan menggunakan layanan jasa pengantaran JNE. Pelayanan JNE yang sangat memuaskan. (Foto: Gapey Sandy)"][/caption]
Acapkali harus melakukan pengiriman maupun pemesanan barang, saya selalu menginginkan pelayanan prima, cepat, dan terjaminnya barang kiriman sampai ke tujuan. Terjamin disini berarti, aman, sempurna, dan tidak terlambat. Bersyukur, selama ini, seluruh kesan tersebut, sudah saya dapatkan hanya di JNE. Counter JNE yang berlokasi di dekat pertigaan Gaplek, Pondok Cabe, Pamulang, Kota Tangerang Selatan, dan tak jauh dari tempat saya tinggal, selalu melayani dengan penuh profesional dan keramahan.
Salah satu contoh pelayanan prima yang sempat saya rasakan sendiri, adalah ketika pada Rabu, 29 Oktober 2014 jam 11.19 wib kemarin, saya mengirim sekitar sepuluh lembar foto berukuran 10R. Foto tersebut adalah pesanan dari salah seorang narasumber saya, setelah sebelumnya beliau sempat saya interview seputar kesan dan pesan selama mengitui pelaksanaan Festival Budaya Jakarta Marathon 2014 di silang Monas, Jakarta, pada Minggu, 26 Oktober 2014. Sekadar informasi, narasumber ini berharap sangat agar fotonya dapat saya kirim sesegera mungkin, karena memang ada nilai kebanggaan karena yang bersangkutan berhasil meraih Medali Finisher untuk Jakarta Marathon kategori lari 10K. Jelasnya, foto membanggakan dengan pose yang saya arahkan beliau tengah memegang medali dan berlatarbelakang megahnya Tugu Monas, benar-benar tidak dapat dinilai dari sisi materi.
Ketika tengah memproses pengiriman cetakan foto tersebut di counter JNE, saya yang sudah mempersiapkan ketebalan amplop karton, lengkap dengan isolasi plastik yang merekat kuat pada keempat sisi, sebenarnya sudah meyakini, bahwa kiriman foto-foto tersebut akan aman dan tidak mengalami kerusakan hingga ke tangan narasumber yang akan menerimanya. Tetapi, dengan sopan dan penuh rasa menghargai pelanggan seperti saya, petugas customer service di counter JNE coba untuk memastikan terlebih dahulu, barang jenis apa yang saya kirimkan. Serta-merta saya menjawab, isi dalam amplop karton tebal tersebut, adalah foto-foto ukuran 10R.
[caption id="attachment_374912" align="aligncenter" width="567" caption="Novian Surya dan Herry Suseno, dua customer service counter JNE di perempatan Gaplek, Pamulang, Kota Tangsel yang menyuguhkan layanan ramah serta professional. (Foto: Gapey Sandy) "]
Mendengar jawaban saya, bahwa isi barang kiriman saya adalah berupa foto, petugas kembali bertanya dengan sopan, “Apakah cukup Pak, dengan amplop karton yang setebal ini? Khawatirnya nanti pada saat pengiriman atau diterima oleh di pengirim amplopnya terlipat, atau rusak karena tertindih dengan barang-barang atau paket kiriman lain?”
Menjawab pernyataan mengenai prosedur tersebut, saya menjawab bahwa semoga hal tersebut tidak terjadi, dan saya cukup dapat mengandalkan amplop karton tebal yang sudah saya kemas dari rumah. Akhirnya, petugas JNE pun memproses administrasi pengiriman print out foto-foto saya tersebut. Tak lama kemudian saya sudah memegang lembar e-consignment note (e-connote), sebagai pertanda pengesahan pengesahan kiriman barang. Tertulis di sisi kiri lembar e-connote tersebut, Jenis Kiriman yang saya lakukan termasuk kategori PARCEL. Dan tertera pula, Keterangan Barang adalah FOTO. Ada pula tercantum Instruksi Khusus yang diisi dengan penjelasan RESIKO PENGIRIM.
Dalam hati saya berpikir, ternyata prosedur keamanan dan terjaminnya paket pengiriman barang melalui JNE memang sangat profesional. Tidak hanya petugasnya yang ramah dan teliti, tapi juga menerapkan dan mengutamakan prinsip kehati-hatian. Terus-terang, saya senang sekali menerima pelayanan yang komprehensif seperti ini, maklum, seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, print out foto-foto yang saya kirim kepada sang narasumber, sulit untuk dinilai secara ekonomi. Bukankah ada peribahasa menyebutkan bahwa, selembar foto itu mewakili seribu kata dan memiliki sejuta cerita. Saya termasuk yang mempercayai peribahasa ini, dan ternyata, staf customer service counter JNE---termasuk juga perusahaan Jasa Express Indonesia JNE ini---, telah berhasil mengimplementasikan peribahasa tersebut, dengan menyuguhkan pelayanan profesional dan penuh penghargaan atas sebuah karya cetak foto yang dikirimkan dalam bentuk paket.
[caption id="attachment_374913" align="aligncenter" width="567" caption="Resi pengiriman paket saya menggunakan layanan YES13 dengan nomor e-connote TGRAE00543803114 dengan tujuan Denpasar, Bali. (Sumber: Dokpri)"]
[caption id="attachment_374914" align="aligncenter" width="567" caption="Salinan resi pengiriman paket saya menggunakan layanan REG13 dengan nomor e-connote SOCAD01353026214 dari Solo, Jawa Tengah. (Sumber: Dokpri)"]
Sungguh, pelayanan dan penjelasan staf customer service counter JNE, telah berhasil menebalkan keyakinan saya untuk selalu mengandalkan JNE sebagai kurir terhandal dan layak dibanggakan. Betapa tidak? Terbayang oleh saya, kalau paket kiriman yang saya kirimkan misalnya, adalah berupa lukisan maupun benda-benda sejenis yang memiliki nilai karya seni tinggi. Tentu, petugas pelayanan JNE akan menyuguhkan pelayanan (service) yang serupa, demi menjamin paket kiriman diterima dengan sempurna oleh yang berhak menerimanya.