Wabah Covid-19 membuat sektor ekonomi dan dunia usaha di Indonesia begitu terpukul. Banyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kelimpungan menghadapi bisnisnya yang terhambat. Sebab peran UMKM atau kontribusi UMKM sangat penting dalam perekonomian Indonesia. untuk itu, UMKM perlu tips untuk menghadapi hal itu. Tulang punggung ekonomi kita salah satunya adalah UMKM jadi cara kita bangkit dan pulih adalah mengambil inisiatif dan kreatif
Media sosial adalah kunci agar dapat digunakan untuk melakukan komunikasi dalam bisnis, membantu pemasaran produk dan jasa, berkomunikasi dengan pelanggan dan pemasok, dan untuk penjualan online.
Namun untuk mencapai itu semua, tentu perlu upaya, tenaga, waktu, kreatifitas, dan pikiran yang tidak sedikit. pelaku usaha  harus mengetahui bagaimana memanfaatkan media sosial dengan baik, dengan memperhatikan kecepatan membalas pesan calon pembeli dan costumer. Selain cepat, kualitas pesan sebaiknya diperhatikan.
Beberapa media sosial yang sedang booming saat ini antara lain Whatsapp, Instragam, Twitter, Line, Telegram, Facebook, Youtube, dan lain- lain. Seseorang pasti memiliki berbagai motivasi dalam menggunakan media sosial untuk memromosikan usahnya. Promosi melalui media sosial tentunya berdampak baik karena penyebaran informasi terjadi sangat cepat dan mudah. Selain itu, promosi melalui media sosial dinilai murah karena medianya gratis, walaupun ada kegiatan promosi melalui media sosial yang berbayar yaitu ketika melakukan kemitraan dengan orang lain.Jadi peran dari media dan sosial media sangat luar biasa dalam memberikan dukungan kepada UMKM.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H