Di Era Digital saat ini, semua hal sudah serba dipermudah dalam pengimplementasiannya menggunakan teknologi. Dimulai dari adanya jual beli online (belanja online), pemesanan makanan secara online, hingga transportasi berbasis online.
Dalam hal teknologi, Merujuk pada MEGATREN DUNIA 2045 “Tren perubahan teknologi ke depan akan didominasi oleh teknologi informasi dan komunikasi, bioteknologi dan rekayasa genetik, kesehatan dan pengobatan, energi terbarukan, wearable devices, otomatisasi dan robotik, serta Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)”.
Berangkat dari permasalahan sebagian besar orang yang seringkali kesulitan dalam menemukan tempat servis atau perbaikan di tempat sekitarnya, khususnya dalam bidang elektronika. Kemudian jika dikaitkan dengan permasalahan efisiensi pelayanan service yang belum cukup maksimal dalam memanfaatkan dunia digital, maka teknologi dapat menjadi salah satu alternatif sebagai solusi guna meningkatkan efisiensi pelayanan service secara online berbasis web.
RELATE (Repair Electronic Website) merupakan sebuah marketplace dalam bentuk aplikasi berupa website yang menyediakan fasilitas service online dalam bidang elektronika. Tujuan dari adanya aplikasi ini yaitu untuk mempermudah para konsumen dalam mengatasi permasalahan banyaknya konsumen yang memerlukan perbaikan/pemeliharaan secepat mungkin khususnya dalam bidang elektronika yang membutuhkan jasa pelayanan service.
Dengan adanya pelayanan service secara online, diharapkan mampu membantu mengatasi permasalahan terkait dalam bidang elektronika tanpa terbatas ruang dan waktu.
Website ini merupakan salah satu jembatan yang akan menghubungkan pengguna untuk dapat mencari tempat service yang tepat untuk alat elektroniknya. dimana pada website ini akan memberikan rekomendasi tempat dan lokasi yang terdekat untuk melakukan perbaikan. Kedepannya bukan tidak mungkin aplikasi ini akan terintegrasi dengan aplikasi atau layanan jasa lainnya yang dapat mempermudah pelanggan dalam menikmati jasa yang tersedia.
Teknologi AI yang kami gunakan dalam website ini adalah Computer Vision (Sistem Visi Komputer) dan Natural-Language Processing (Pengolahan Bahasa Alami). Computer Vision digunakan agar website bisa mengenali gambar kerusakan pada gadget konsumen, sedangkan Natural-Language Processing untuk membuat chatbot bisa berkomunikasi dengan konsumen yang ingin memberikan keluhan yang ingin diselesaikan.
Cara Kerja Website
Penyedia jasa dan konsumen membuat akun masing-masing pada aplikasi. Pengguna dibagi menjadi 2 tipe: consumer dan partner.
- Consumer memberikan input berupa keluhan yang ingin diselesaikan. Misalnya “service layar mati” atau “port charger tidak berfungsi”
- Partner adalah penyedia layanan. Mereka memberikan layanan apa saja yang dapat mereka berikan. Sistem akan menerima daftar layanan dari partner