Mohon tunggu...
RIFTA ISAD MUHAMMAD
RIFTA ISAD MUHAMMAD Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kuliah Di Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI

Saya suka bermain tenis meja dan juga bermain game, setiap hari saya membantu orang tua saya mengurus ternak lebah.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Profesionalisme dalam Bekerja, Apa Saja?

3 Juli 2022   14:15 Diperbarui: 3 Juli 2022   14:16 198
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Setiap manusia yang memiliki pekerjaan, pasti punya standar dalam melakukan pekerjaan yang mereka jalani. Untuk memenuhi standar dalam melakukan pekerjaan yang kita jalani, tentu kita harus profesional dalam bidang yang kita ambil. Berikut adalah beberapa sifat serta keterampilan yang mendefinisikan perilaku profesional agar kita memenuhi standar dalam bekerja, serta untuk mendorong hubungan kerja yang positif. 

1. Kesopanan

Kesopanan adalah hal yang sangat penting dalam bekerja. karena dengan kita sopan kepada yang lebih senior atau kepada boss kita, maka tidak mustahil kita akan mendapatkan promosi jabatan dalam waktu yang singkat, dan juga jika kita sopan maka akan banyak orang yang suka dengan kita.

2. Komunikasi Yang Baik

Kita harus menjaga komunikasi antar pekerja dengan baik. Mau itu kepada atasan, maupun kepada sesama karyawan. Karena dengan menjaga komunikasi kita, kita akan meningkatkan kinerja kita dalam dalam bekerja dan juga mencegah agar tidak terjadinya Miss Komunikasi.

3. Kerja sama / Team work

Kerja sama adalah hal yang penting dalam bekerja maupun berbisnis. Karena dengan kerja sama, banyak keuntungan yang akan kita dapatkan jika kita memanfaatkan keterampilan kerja sama kita dengan baik.

4. Kreatif Dan Inovatif

Dalam dunia pekerjaan maupun bisnis, Kreatif dan Inovatif adalah hal yang sangat penting, karena semakin banyak saingan yang muncul dan pastinya mereka punya ide dan inovasi mereka sendiri. Maka dari itu, sebagai orang yang profesional kita harus memiliki ide ide yang akan kita buat untuk kedepannya.

5. Manajemen

Sebagai seorang profesional, kita tentu harus memiliki manajemen yang baik. Mau itu manajemen waktu dan kehidupan kita sehari hari. Karena dengan kita memanajemen diri kita sendiri, maka akan meningkatkan ke-efektivitasan kita dalam bekerja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun