Salah satu kegiatan Program Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan (P2MB) Agent of Change yang dilakukan oleh kelompok Gama Eka Abhipraya, Universitas Pendidikan Indonesia yaitu "Sosialisasi Teknik Pemasaran Produk Ci'Mon (Cikidang Lemon)"
Kegiatan ini merupakan langkah lanjutan untuk memberdayakan petani lemon di Desa Cikidang, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat dalam mengelola produk Ci'Mon (Cikidang Lemon). Ci'Mon sendiri ialah produk khas Desa Cikidang berupa lemon kering yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh terutama bagi yang sedang menjalani program diet serta cocok dipadu padankan dengan makanan dan minuman lainnya.
Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 Juni 2023 di Aula Kantor Desa Cikidang dan dihadiri oleh mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Indonesia, kelompok UMKM, Ibu PKK dan perangkat Desa Cikidang. Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yaitu untuk memberikan pengetahuan sekaligus wawasan bagi penduduk Desa Cikidang yang mayoritas petani dalam hal mengelola hasil panen sekaligus pemasaran  yang baik dan tepat di era digital seperti ini terutama untuk produk Ci'Mon itu sendiri.
Pada kegiatan sosialisasi tersebut di awal pematerian dijelaskan terlebih dahulu mengenai apa itu manajemen pemasaran, tujuan manajemen pemasaran, dan konsep 7P pemasaran yaitu product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Setelah itu ada juga pematerian mengenai lemon itu sendiri, seperti misalnya manfaat dari lemon. Lemon ini memiliki banyak sekali manfaat diantaranya yaitu:
- Meningkatkan daya tahan tubuh
- Menyehatkan saluran pencernaan
- Memelihara Kesehatan jantung
- Mencegah anemia
- Mencegah pembentukan batu ginjal
- Menjaga Kesehatan kulit dan berat badan
Selain dari pematerian mengenai manfaat lemon terdapat pematerian mengenai pengolahan produk lemon, misalnya diolah menjadi lemon kering atau dijadikan sebagai minuman. Setelah pematerian tersebut dilanjutkan dengan pematerian bagaimana cara memasarkan produk melalui digital market seperti melalui Instagram, Tokopedia, Shopee, Facebook, Grab, Gojek, dan TikTok. Mengingat pada saat ini perkembangan teknologi dan informasi semakin berkembang pesat maka pemasaran produk lewat digital market bisa memberikan peluang yang lebih besar agar produk-produk tersebut banyak terjual.
Penulis
Annisa Apriliyanti - 2004559
Ayu Ariyanti - 2003850
Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Indonesia
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H