Mohon tunggu...
Galuh Septianingrum
Galuh Septianingrum Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Mahasiswi Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum (PKnH), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)..Pancasila Ideologi Negaraku dan Jangan Pernah mencoba untuk menghianatinya!! Silahkan Kunjungi Blog Saya= http://galuhseptianingrum.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Mencari Orang Jujur dan Bisa Dipercaya Memang Susah

7 April 2014   08:29 Diperbarui: 23 Juni 2015   23:58 244
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Ingat sebuah nasehat cantik bahwa orang yang beruntung itu adalah orang yang bisa mengambil pelajaran dari orang lain. Aku rasa, nasehat itu ada benarnya juga. Sebab, kita ini hanya manusia biasa yang tak luput dari khilaf dan dosa. Salah satu sifat buruk manusia yang sering dilakukan adalah tidak jujur, menipu diri sendiri, dan menipu orang lain. Kejadian yang kurang enak aku alami sendiri berkaitan dengan teknologi. Apalagi aku ini orangnya gaptek dan gak mudeng apa saja komponen dalam laptop. Kejadian itu berawal ketika laptopku tak install ulang disalah satu service laptop dan komputer, dekat kampus. Aku mintanya sih bisa diselesein secepatnya, dalam satu hari harus selesai. Soale dulu pas laptopku baru, itu diinstall teman dekatku. Itu memang nginep segala, soale dibawa ke rumahnya dia. Lha aku mau minta tolong lagi ma dia, aku gak enak. Ya akhirnya tak install untuk kedua kalinya ditempat service didekat kampus. Tetapi ternyata juga membutuhkan waktu yang lama, laptopku harus nginep dulu. Sempat ada rasa cemas dan khawatir sih tapi aku berusaha tenang dan percaya sama masnya, soale aku udah langganan ngeprint dan fotocopy ditempatnya dia. Setelah semalaman sempat was-was, akhirnya esok harinya, udah selesai deh. Aku ambil ditempat masnya.

Dan untuk ketiga kalinya (usia si laptop udah 3,5 tahun), laptopku eror dan harus diinstall ulang lagi. Akhirnya aku install ulang lagi, ditempat service yang berbeda dari yang pertama, masih didekat kampus juga. Kalau yang ini, gak sampai nginep tapi juga lama banget, sampai berjam-jam. Laptopku tak masukin jam 10 siang, baru bisa diambil jam 4 sore. Padahal kalau install kan gak sampai berjam-jam. Aku ngelihatnya waktu nganter temanku beli laptop di Jogjatronik. Cuma sekitar 1 jam aja tapi ini kok lama banget, aku sedikit curiga ma masnya sih. Soale aku gak kenal, memang sih tempat servicenya dekat kampus. Tapi masnya itu, cuma menyediakan jasa service laptop atau komputer, jual beli laptop dan komputer serta komponen-komponen laptop dan komputer/dipapan nama tokonya tertulis seperti itu. Ketika laptopku udah selesai diinstal. Ternyata masih eror juga dan akhirnya aku bawa ke Toshiba Center. Setelah dicek petugas servicenya, ternyata laptoku yang rusak motherboardnya dan kalau diservice habis 3 jutaan. Wow, kayak beli laptop baru donk. Akhirnya laptopku aku pensiunkan (sudah mati total) dan sekarang mau tak jual ma temanku/teman seangkatan kuliah tapi beda kelas. Laptoku dibongkar-bongkar dia dan kata temanku itu, bluetooh dan chipset powernya udah gak ada. Terus temanku tanya, laptopmu pernah diservice sampai berjam-jam dan kamu tinggal ya? Aku jawab iya, terus temanku bilang, berarti Bluetooth dan Chipset powernya udah diambil di salah satu tempat service itu. Kalau aku sih curiganya ma mas yang tempat service yang terakhir (yang menyediakan jasa service laptop atau komputer, jual beli laptop dan komputer serta komponen-komponen laptop dan komputer/dipapan nama tokonya tertulis seperti itu). Semua sudah terjadi, tidak ada yang perlu disesali. Udah resiko jadi orang gaptek. Aku dapat nasehat dari temanku yang mau beli laptopku itu, dia bilang hati-hati kalau mau service laptop ditempat service yang kamu gak kenal orangnya. Soale zaman sekarang, nyari orang jujur itu susah dan aku udah tau semua keburukan tempat service laptop/komputer. Sebab, mereka sering tidak jujur dan mereka curang. Ketika ada orang install dan laptopnya ditinggal, kemungkinan besar, komponen-komponen yang ada dalam laptopmu itu diambil dan ketika laptopmu rusaknya gak parah, ternyata cuma ringan tetapi kamu udah terlanjur panik, kamu gaktek dan kamu ngerasa butuh banget ma tu laptop, biasanya mereka akan memasang tarif yang tinggi untuk biaya service laptopmu. Oh ternyata seperti itu ya, aku mikirnya semua tempat service laptop dan komputer, gak akan melakukan hal sejauh itu. Dalam benakku, mereka service tu laptop, kalau udah beres, baru diserahkan ke pemilik. Apa yang aku bayangkan ternyata tak seindah dengan kenyataannya. Negaraku banyak dipenuhi orang-orang yang gak jujur, dipenuhi orang-orang yang sukanya mengambil kesempatan didalam kesempitan orang lain. Banyak orang-orang yang sukanya menyelam sambil minum air. Banyak orang-orang yang mengambil keuntungan diatas kesusahan atau penderitaan orang lain. Buat teman-teman semua, waspadalah, waspadalah, jangan sampai salah memilih tempat service laptop dan jangan sampai salah memilih wakil rakyat ya, pilih orang-orang yang kamu kenal, kamu tahu rekam jejaknya/trackrecordnya, kamu tahu visi dan misinya serta kamu tahu kepribadiannya/figurnya… Maaf sampai ngelantur dikit, gak pa-pa ya… ;-)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun