Perancangan adalah seni dan ilmu menciptakan hasil akhir dengan tindakan yang terencana dan konkret. Dalam dunia teknik, ini mencakup penerapan prinsip ilmiah dan alat teknis seperti matematika, komputer, dan bahasa pemrograman untuk menghasilkan rancangan yang memenuhi kebutuhan manusia. Sebagaimana dijelaskan oleh Zainun (1999), perancangan adalah kreasi yang berdasar pada kenyataan fisik dan prinsip ilmiah untuk menghasilkan solusi yang efisien.
 A. Aplikasi: Program yang Menjawab Kebutuhan Pengguna
Aplikasi, menurut Astuti (2012), adalah program komputer yang dirancang untuk melaksanakan tugas spesifik bagi penggunanya. Dengan kata lain, perancangan aplikasi adalah proses penciptaan model program komputer menggunakan teknik dan prinsip tertentu agar aplikasi tersebut mampu menjalankan fungsi khusus yang diinginkan oleh pengguna.
B.Sistem: Kumpulan Elemen yang Saling Terhubung
Sistem dapat diartikan sebagai kumpulan objek atau unsur yang memiliki hubungan dan saling memengaruhi untuk mencapai tujuan tertentu dalam lingkungan kompleks. Ini mencakup bagaimana elemen-elemen tersebut berkolaborasi dan berinteraksi satu sama lain.
C. Adobe XD: Alat Desain Terdepan
Adobe XD adalah perangkat lunak berbasis web dan cloud yang dirancang khusus untuk desain UI/UX dan prototyping. Menurut situs resmi Adobe (2021), Adobe XD menonjolkan pengalaman pengguna (user experience) sebagai prioritas utama. Buku "Jumpstart Adobe Experience Design" bahkan menyebut Adobe XD sebagai alat yang lengkap bagi desainer. Meskipun Adobe Photoshop juga merupakan alat desain yang terkenal, Adobe XD menawarkan fitur prototyping yang memberikan keunggulan kompetitif dengan pendekatan minimalis namun efektif.
D.User Interface (UI): Menyempurnakan Tampilan Digital
UI atau antarmuka pengguna adalah elemen visual yang membentuk tampilan dan interaksi dari aplikasi atau situs web. Menurut Wilbert O. Galitz (2007), UI adalah bagian dari aplikasi yang dapat dilihat, didengar, disentuh, atau dimengerti oleh manusia. Desain UI mencakup konsistensi, hirarki, kepribadian, tata letak, tipografi, warna, gambar, serta kontrol dan affordances. Elemen-elemen ini penting untuk menciptakan antarmuka yang estetis dan fungsional.
E. User Experience (UX): Memastikan Kepuasan Pengguna
Desain Pengalaman Pengguna (UX) adalah tentang menciptakan produk yang tidak hanya berguna tetapi juga mudah digunakan dan menyenangkan. Menurut Rahmasari dan Yanuarsari (2017), UX mencakup semua aspek pengalaman pengguna, mulai dari kemudahan penggunaan hingga kepuasan secara keseluruhan. Mutiaz Razi & Setiawan (2018) menambahkan bahwa UX yang baik membuat aplikasi mudah diakses dan mencapai tujuan dengan efisien.