Pada era globalisasi seperti sekarang ini, penggunaan teknologi sudah tidak perlu diragukan lagi bahkan banyak perusahaan berlomba -- lomba untuk menggunakan sistem dan teknologi yang canggih agar tidak kalah saing dengan perusahaan lain. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pengimplementaian sistem informasi dalam perusahaan jasa yaitu Tiki Pusat Yogyakarta
     Â
      Sistem informasi manajemen sendiri diartikan sebagai sebuah prosedur dimana data diperoleh, dianalisa dan ditampilkan guna untuk mengambil keputusan, menunjau serta mengendalikan operasi perusahaan. Tujuan dari sistem informasi ini adalah mempermudah pengorganisasian dalam sebuah perusahaan serta berguna untuk mengevaluasi jalannya sebuah perusahaan. Perusahaan TIKI pun juga akan merasa kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan di era modern seperti ini apabila tidak menggunakan suatu sistem.
      Penerapan Sistem Informasi di Perusahaan Tiki ini ada 2 jenis yaitu Sistem Informasi Dasar(Smart) dan Sistem Informasi Support (Zahir/SCT).
1. Sistem Informasi Dasar berguna untuk melihat kinerja seorang karyawan, serta memantau jalannya sebuah perusahaan. Aktifitas yang dapat dilihat melalui sistem smart:
a. customer yang baru saja mengirim sampai loket, kita sudah mengetahui bahwa paket tersebut akan masuk kemana
b. proses paket sudah sampai mana, dari mulai paket masuk sampai dipilah oleh petugas oleh ditujukan ke kota-kota tertentu
c. penerbangan yang digunakan untuk mengirim paket
d. sampai ditujuan jam berapa
e. dapat mengetahui paket yang gagal dan paket yang terkirim
f. Â mengetahui penjualan sales konot/stt