Mohon tunggu...
Galih AnggiVadia
Galih AnggiVadia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Profesi saya Mahasiswa di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Saya adalah seorang mahasiswa di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, saya mengambil program studi S1 Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, sekarang saya sudah semester 6. Saya mendaftar disini dikarenakan saya juga suka atau hobi dalam menulis, saya juga menyukai dunia olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mengenal Teori Relativitas

26 Maret 2023   20:37 Diperbarui: 26 Maret 2023   21:10 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Teori relativitas adalah teori fisika yang dikemukakan oleh fisikawan Albert Einstein pada awal abad ke-20. Teori ini terdiri dari dua bagian, yaitu relativitas khusus dan relativitas umum.

Relativitas khusus membahas tentang ruang dan waktu, dan menyatakan bahwa ruang dan waktu adalah relatif terhadap pengamat. Hal ini berarti bahwa apa yang dianggap sebagai waktu dan ruang yang sama oleh satu pengamat mungkin tidak sama bagi pengamat lain yang bergerak relatif terhadapnya. Relativitas khusus juga menyatakan bahwa kecepatan cahaya adalah konstan dan tidak dapat dilampaui.

Sementara itu, relativitas umum membahas tentang gravitasi dan menggambarkan gravitasi sebagai kelengkungan ruang-waktu. Teori ini menjelaskan bagaimana massa dan energi memengaruhi struktur ruang-waktu dan menghasilkan efek gravitasi.

Teori relativitas telah terbukti sangat akurat dalam menjelaskan berbagai fenomena fisika dan telah membawa dampak besar pada bidang-bidang seperti fisika, kosmologi, dan teknologi. Contohnya, GPS (Global Positioning System) menggunakan prinsip-prinsip relativitas khusus dan umum untuk memastikan keakuratan lokasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun