Program Studi Visual merupakan program kegiatan pembelajaran diluar sekolah yang menjadi kegiatan rutin di SMA Surya Buana Malang. Program Studi Visual ini dilaksanakan setiap bulan pada semester ganjil. Kegiatan Studi Visual merupakan bagian
program yang terintegrasi dari beberapa mata pelajaran yang memiliki keterkaitan dalam pelaksanaanya. Kegiatan Studi Visual selalu dilaksanakan diluar sekolah seperti kunjungan ke museum, kampus, kebun bonsai, pengelolaan air, dll. Fokus utama dari
kegiatan ini adalah belajar langsung dengan kondisi rill yang terjadi. Kegiatan Studi Visual menerapkan pembelajaran kontekstual, yakni strategi pembelajaran dengan mengintegrasikan konsep teori dalam kehidupan di masyarakat (Tahya, D. 2023). Melalui
pendekatan kontekstual dalam pembelajaran memberikan siswa pengalaman belajar yang terkait dengan konteks dunia nyata atau situasi kehidupan sehari-hari. Pendekatan ini bertujuan untuk membuat pembelajaran lebih relevan, bermakna, dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari bagi siswa.
Kegiatan program Studi Visual ini dilaksanakan pada tanggal 13 September 2023 bertempat di Laboratorium Terpadu UMM -- Fakultas Peternakan-Perikanan, jalan Tegalgondo, Kec. Karangploso, Malang. Pada  jam 06.50 seluruh siswa melakukan presesnsi kehadirandan dilanjutkan pelaksanakan ibadah pagi (Pembaacaan Al-Qur-an, Asmaul Husna, dan Sholat dhuha Berjamaah).  Kegiatan setelah ibadah pagi yakni briefing peserta (Pembacaan alur kegiatan yang akan dilaksanakan di Lab Terpadu UMM; plotting kelompok secara merata dengan setiap kelas ada dalam setiap kelompok. Jadi setiap siswa di kelas X, XI, dan XII dibagi secara rata dalam satu kelompok; kendaraan; mekanisme pemberangkatan; pembacaan tata tertib; dan doa). Setelah itu pemberangkatan ke Lab Terpadu UMM dengan bersama-sama.
Kegiatan inti pada studi visual ini seluruh siswa dan guru serta mahasiswa Asistensi Mengajar di arahkan untuk memasuki ruangan yang telah disediakan oleh pihak UMM. Acara inti kegiatan Studi Visual yang mencakup pemaparan materi di kelas dan
di lapangan serta praktik. Kegiatan pertama yang dilakukan adalah pemaparan materi di kelas yang narasumbernya dari pihak UMM. Materi yang disampaikan tentang hakikat air bagi kehidupan, termasuk manfaat air bagi tubuh manusia yang berdampak pada pola berlangsungan ekosistem. Air berfungsi bagi berbagai kehidupan termasuk sebagai konsumsi manusia, irigasi-pertanian, industri produksi, transportasi-perdagangan, sumber energi, rekreasi, keberlanjutan ekosistem, dan keseimbangan iklim. Setelah pemaparan materi di kelas, siswa diajak untuk melaksanakan pembelajaran secara langsung yakni berada di lapangan. Selain itu, siswa juga diajak untuk mengamati praktik yang dilaksanakan oleh mahasiswa dari UMM. Di luar materi yang diajarkan siswa juga mendapat tugas dalam pengerjaan video dan mini vlog. Kegiatan pengerjaan video dan mini vlog dilaksanakan di sekolah. Dan Kegiatan terakhir adalah refleksi kegiatan Studi Visual yang dilaksanakan di Lab Terpadu UMM. Yang terakhir adalah kegiatan refleksi kegiatan Studi Visual.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H